PENGARUH TEPID SPONGE TERHADAP PERUBAHAN SUHU TUBUH ANAK USIA PRA SEKOLAH DAN SEKOLAH YANG MENGALAMI DEMAM DI RSUD SULTAN SYARIF MOHAMAD ALKADRIE KOTA PONTANAK

Rana Ashshafa Nur Afrah .

Abstract


Latar belakang : Demam merupakan peningkatan suhu tubuh di atas normal yang sering ditemui pada anak. Hal ini menandakan adanya indikasi infeksi virus, bakteri atau penyakit serius lainnya. Setiap tahun terdapat 100 bayi yang berusia kurang dari 12 bulan meninggal karena infeksi. Jumlah tersebut dapat dikurangi jika dilakukan peningkatan pengetahuan dalam penanganan demam. Penanganan demam pada anak dapat dilakukan secara farmakologi dan non farmakologi. Salah satu intervensi non farmakologi adalah tepid sponge yang menggabungkan teknik blok dan seka.

Tujuan : Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh tepid sponge terhadap perubahan suhu tubuh pada anak usia pra sekolah dan sekolah yang mengalami demam  di RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak.

Metode : Jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi experiment dengan rancangan pre and post test without control group. Metode pengambilan sampel dengan purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 16 responden. Data dianalisis menggunakan uji T berpasangan.

Hasil : Responden penelitian terbanyak berjenis kelamin perempuan dengan 68,8%, usia responden adalah usia pra sekolah yang berjumlah 25% dan usia sekolah sebanyak 75%. Hasil analisis bivariat dengan menggunakan uji statistik yaitu uji T berpasangan yang menunjukkan terjadi perubahan suhu tubuh sebelum dan sesudah intervensi dengan nilai p = 0,001 (p<0,05).  Kesimpulan : Ada pengaruh tepid sponge terhadap perubahan suhu tubuh anak usia pra sekolah dan sekolah yang mengalami demam di RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jpn.v3i1.26528

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Journal Visitors

Flag Counter