PENGARUH MADU TERHADAP KADAR HEMOGLOBIN REMAJA PUTRI KELAS X YANG MENGALAMI ANEMIA DI SMKN 01 MEMPAWAH HILIR

Nur Islamiyah .

Abstract


Latar Belakang: Pemenuhan nutrisi mempengaruhi status kesehatan remaja. Kekurangan komponen nutrien di dalam tubuh dapat mengakibatkan penurunan  kadar hemoglobin, sehingga menyebabkan terjadinya anemia. Anemia yang tidak ditangani dengan baik mengakibatkan remaja putri sulit berkonsentrasi, disamping itu remaja putri akan tampak pucat, sering lelah, lemas, serta terjadi penurunan daya tahan tubuh. Salah satu pemenuhan nutrisi yang dapat meningkatkan kadar hemoglobin adalah dengan mengkonsumsi madu, sehingga penting untuk memperbaiki nutrisi remaja yang mengalami anemia.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh madu terhadap kadar hemoglobin remaja putri kelas X yang mengalami anemia di SMKN 01 Mempawah

Hilir

Metode: Penelitian quasy eksperiment dengan pendekatan  one group pre test-post test design, pada 22 orang responden remaja putri kelas X, sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Uji analisis yang digunakan adalah uji T berpasangan.  Hasil: Hasil analisis uji T berpasangan diperoleh hasil p value sebesar 0,002 (p<0,05).

Kesimpulan: Terdapat pengaruh madu terhadap kadar hemoglobin remaja putri kelas X yang mengalami anemia di SMKN 01 Mempawah Hilir. Sehingga dapat diedukasikan kandungan madu sebagai pemenuhan nutrisi terhadap remaja yang mengalami penurunan kadar hemoglobin.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jpn.v3i1.21502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Journal Visitors

Flag Counter