PENGARUH INTENSITAS KEBISINGAN TERHADAP TEKANAN DARAH PARA PEKERJA DI PABRIK MINYAK SAWIT PTPN XIII GUNUNG MELIAU

Regina Herdiningtyas .

Abstract


Latar belakang: Proses pengolahan buah kelapa sawit di PT. Perkebunan Nusantara XIII Gunung Meliau menggunakan mesin-mesin maupun peralatan-peralatan besar yang dapat menimbulkan kebisingan dan berdampak pada kesehatan. Paparan kebisingan dalam waktu yang lama menyebabkan peningkatan tekanan darah. Peningkatan tekanan darah yang terjadi secara terus menerus dapat menyebabkan penyakit hipertensi.

Tujuan: Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh intensitas kebisingan terhadap tekanan darah para pekerja di pabrik minyak sawit PTPN XIII Gunung Meliau.

Metode: Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan Cross-sectional. Jumlah sampel 86 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan pengukuran intensitas kebisingan di lingkungan kerja dan pemeriksaan tekanan darah sebelum dan sesudah bekerja. Uji statistik menggunakan uji Wilcoxon.

Hasil: Tingkat kebisingan di seluruh area unit produksi melebihi nilai ambang batas (lebih 85 dBA).

Tekanan darah sistolik dan diastolik sebelum dan sesudah terpapar kebisingan didapatkan nilai p yaitu 0,0004 dan 0,0007 (p<0,05).

Kesimpulan: Ada pengaruh yang signifikan antara intensitas kebisingan terhadap peningkatan tekanan darah para pekerja di pabrik minyak sawit PTPN XIII Gunung Meliau.

Kata Kunci: Intensitas kebisingan, Tekanan darah, Pabrik minyak sawit.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jpn.v3i1.21318

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Journal Visitors

Flag Counter