HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN RUMAH SAKIT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS DI RUANG PERAWATAN RSUD SULTAN SYARIF MOHAMAD ALKADRIE KOTA PONTIANAK TAHUN 2015
Abstract
Latar Belakang: Kualitas merupakan suatu hal yang penting bagi penyedia layanan jasa, termasuk
rumah sakit. Salah satu indikator untuk menilai kualitas rumah sakit yaitu dengan mengukur tingkat
kepuasan pasien. Program BPJS Kesehatan merupakan salah satu upaya pemerataan derajat
kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia sehingga perlu adanya kerjasama yang baik antara pemberi
dan penyedia layanan agar tercapai kepuasan pasien secara maksimal.
Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan rumah sakit dengan tingkat
kepuasan pasien BPJS di Ruang Perawatan RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak
Tahun 2015
Metode: Desain penelitian kuantitatif dengan metode survei analitik cross sectional. Jumlah sampel
dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan teknik Non Probability Sampling dan metode
Purposive Sampling. Analisa data hasil penelitian menggunakan uji Chi-Square.
Hasil: Uji Statistik dengan uji Chi-Square didapatkan bahwa nilai p=0.000 dengan analisis setiap
indikator kualitas pelayanan adalah tangibility (p=0.000), reliability (p=0.004), responsiveness
(p=0.015), assurance (p=0.014) dan emphaty (p=0.000)Kesimpulan: Terdapat hubungan antara kualitas pelayanan rumah sakit dengan tingkat kepuasan
pasien BPJS di Ruang Perawatan RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak sehingga
penting bagi pihak rumah sakit untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan yang ada untuk
mencapai kepuasan pasien yang lebih maksimal.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien
rumah sakit. Salah satu indikator untuk menilai kualitas rumah sakit yaitu dengan mengukur tingkat
kepuasan pasien. Program BPJS Kesehatan merupakan salah satu upaya pemerataan derajat
kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia sehingga perlu adanya kerjasama yang baik antara pemberi
dan penyedia layanan agar tercapai kepuasan pasien secara maksimal.
Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan rumah sakit dengan tingkat
kepuasan pasien BPJS di Ruang Perawatan RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak
Tahun 2015
Metode: Desain penelitian kuantitatif dengan metode survei analitik cross sectional. Jumlah sampel
dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan teknik Non Probability Sampling dan metode
Purposive Sampling. Analisa data hasil penelitian menggunakan uji Chi-Square.
Hasil: Uji Statistik dengan uji Chi-Square didapatkan bahwa nilai p=0.000 dengan analisis setiap
indikator kualitas pelayanan adalah tangibility (p=0.000), reliability (p=0.004), responsiveness
(p=0.015), assurance (p=0.014) dan emphaty (p=0.000)Kesimpulan: Terdapat hubungan antara kualitas pelayanan rumah sakit dengan tingkat kepuasan
pasien BPJS di Ruang Perawatan RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Kota Pontianak sehingga
penting bagi pihak rumah sakit untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan yang ada untuk
mencapai kepuasan pasien yang lebih maksimal.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jpn.v3i1.11039
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal Visitors