PENGARUH PENERAPAN PELAYANAN PRIMA (SERVICE EXCELLENCE)PERAWAT TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS TANJUNGPURA KOTA PONTIANAK
Abstract
Latar Belakang: Pelayanan prima perawat merupakan sikap kepedulian perawat kepada pasien dalam
memberikan pelayanan yang terbaik untuk memfasilitasi kemudahan pemenuhan kebutuhan pasien sehingga
dapat digunakan untuk mewujudkan kepuasan bagi pasien agar terciptanya pelayanan yang berkualitas serta
menciptakan kesetiaan dari pengguna pelayanan kesehatan di rumah sakit.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pelayanan prima perawat terhadap
tingkat kepuasan pasien di Rumah Sakit Universitas Tanjungpura Pontianak.
Metodologi Penelitian: Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian preeksprimental
dengan rancangan Posttest Only Design. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 26 responden
dengan menggunakan teknik sampling Accidental Sampling. Analisa menggunakan uji korelasi Spearman.
Hasil: Uji statistik menggunakan Spearman Rho menunjukan nilai significancy 0,000 (p<0,05). Nilai ini
menyatakan bahwa ada pengaruh penerapan pelayanan prima perawat terhadap tingkat kepuasan pasien.
Kesimpulan: Ada pengaruh penerapan pelayanan prima perawat terhadap tingkat kepuasan pasien di Rumah
Sakit Universitas Tanjungpura Kota Pontianak. Perawat diharapkan dapat menerapkan pelayanan prima di
rumah sakit agar dapat terciptanya kepuasan pasien dan fungsi profesionalisme perawat.
Kata Kunci: Pelayanan Prima, Kepuasan Pasien, Perawat
memberikan pelayanan yang terbaik untuk memfasilitasi kemudahan pemenuhan kebutuhan pasien sehingga
dapat digunakan untuk mewujudkan kepuasan bagi pasien agar terciptanya pelayanan yang berkualitas serta
menciptakan kesetiaan dari pengguna pelayanan kesehatan di rumah sakit.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pelayanan prima perawat terhadap
tingkat kepuasan pasien di Rumah Sakit Universitas Tanjungpura Pontianak.
Metodologi Penelitian: Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian preeksprimental
dengan rancangan Posttest Only Design. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 26 responden
dengan menggunakan teknik sampling Accidental Sampling. Analisa menggunakan uji korelasi Spearman.
Hasil: Uji statistik menggunakan Spearman Rho menunjukan nilai significancy 0,000 (p<0,05). Nilai ini
menyatakan bahwa ada pengaruh penerapan pelayanan prima perawat terhadap tingkat kepuasan pasien.
Kesimpulan: Ada pengaruh penerapan pelayanan prima perawat terhadap tingkat kepuasan pasien di Rumah
Sakit Universitas Tanjungpura Kota Pontianak. Perawat diharapkan dapat menerapkan pelayanan prima di
rumah sakit agar dapat terciptanya kepuasan pasien dan fungsi profesionalisme perawat.
Kata Kunci: Pelayanan Prima, Kepuasan Pasien, Perawat
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/jpn.v3i1.11004
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal Visitors