PENGARUH TERAPI MUROTTAL TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 2 PONTIANAK
Abstract
Latar belakang: Tugas utama anak usia sekolah adalah belajar. Keberhasilan dalam belajar
dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya yaitu konsentrasi. Konsentrasi merupakan keadaan yang
diaktifkan oleh sensasi di dalam tubuh, untuk mengaktifkannya diperlukan suatu keadaan rileks dan
suasana yang tenang. Melalui terapi Murottal keadaan rileks dapat diciptakan karena terapi Murottal
dapat mengaktifkan hormon endorfin alami yang dapat menimbulkan perasaan rileks dan ini
dipercaya dapat mempengaruhi konsentrasi belajar
Objektif: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Terapi Murottal Terhadap Konsentrasi
Belajar Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 2 Pontianak.
Metode: Ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian kuasi
eksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest. Instrumen penelitian yang digunakan adalah
Army Alpha Test yang berjumlah 12 soal dengan jumlah responden sebanyak 37 responden.
Hasil: Analisa bivariat yang digunakan adalah uji Wilcoxon dan menunjukkan hasil bahwa ha gagal
ditolak yang berarti ada pengaruh terapi Murottal terhadap konsentrasi belajar sebelum dan sesudah
dilakukan intervensi dengan nilai p= 0,000.
Kesimpulan: Ada pengaruh terapi Murottal terhadap konsentrasi belajar anak sebelum dan sesudah
dilakukan intervensi serta terapi Murottal efektif dalam meningkatkan konsentrasi belajar pada anak
usia sekolah.
Kata kunci: Anak usia sekolah, konsentrasi belajar, terapi Murottal
dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya yaitu konsentrasi. Konsentrasi merupakan keadaan yang
diaktifkan oleh sensasi di dalam tubuh, untuk mengaktifkannya diperlukan suatu keadaan rileks dan
suasana yang tenang. Melalui terapi Murottal keadaan rileks dapat diciptakan karena terapi Murottal
dapat mengaktifkan hormon endorfin alami yang dapat menimbulkan perasaan rileks dan ini
dipercaya dapat mempengaruhi konsentrasi belajar
Objektif: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Terapi Murottal Terhadap Konsentrasi
Belajar Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 2 Pontianak.
Metode: Ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian kuasi
eksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest. Instrumen penelitian yang digunakan adalah
Army Alpha Test yang berjumlah 12 soal dengan jumlah responden sebanyak 37 responden.
Hasil: Analisa bivariat yang digunakan adalah uji Wilcoxon dan menunjukkan hasil bahwa ha gagal
ditolak yang berarti ada pengaruh terapi Murottal terhadap konsentrasi belajar sebelum dan sesudah
dilakukan intervensi dengan nilai p= 0,000.
Kesimpulan: Ada pengaruh terapi Murottal terhadap konsentrasi belajar anak sebelum dan sesudah
dilakukan intervensi serta terapi Murottal efektif dalam meningkatkan konsentrasi belajar pada anak
usia sekolah.
Kata kunci: Anak usia sekolah, konsentrasi belajar, terapi Murottal
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26418/jpn.v3i1.10006
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal Visitors