Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for JURNAL HUTAN LESTARI?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

The fees charged for the process in the journal are organized as follows: (This journal charges the following author fees)
Article Submission : Free
Review Process : Free
Article Publication + Hardcopy / Printed version : free

###########################################################

PETUNJUK PENULISAN ARTIKEL JURNAL HUTAN LESTARI

 Informasi Umum

Jurnal ini diterbitkan 4 kali dalam setahun pada Bulan Januari, April, Juli, dan Oktober. Jurnal ini merupakan jurnal yang menerbitkan artikel yang terkait dengan penelitian meliputi bidang teknologi pengolahan hasil hutan, pengawetan kayu, teknologi peningkatan mutu kayu, budidaya hutan, konservasi sumber daya alam, ekonomi kehutanan, perhutanan sosial dan politik kehutanan.

 Informasi Khusus

Naskah merupakan tulisan ilmiah berdasarkan hasil penelitian, studi pustaka, maupun hasil bedah buku. Naskah atau artikel dapat ditulis dalam bahasa indonesia maupun bahasa inggris dan akan diterbitkan dengan bahasa yang telah di pilih oleh penulis. Naskah yang dikirimkan harus belum pernah diterbitkan di media lain.

 

Nasakah terdiri dari Judul, Identitas Penulis, Abstrak, Kata Kunci, Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Simpulan dan Ucapan Terimakasih, Daftar Pustaka dan Lampiran (jika perlu).

1.1.        Judul harus tegas dan ditulis dalam maksimum 20 kata dalam bahasa indonesia  ukuran font 12 times news roman, center dengan satu spasi ditulis dengan huruf kapital.

1.2.        Identitas penulis berisi nama lengkap penulis (hindari penggunaan singkatan) dan dibubuhi angka arab  secara berurutan untuk keterangan tentang penulis (bila lebih dari satu penulis). Alamat lengkap penulis berisikan lembaga/institusi asal penulis, lembaga dengan alamat lengkap dengan nomor telepon, email yang dapat digunakan untuk melakukan komunikasi dengan mudah dan cepat.

1.3.        Abstrak ditulis maksimal 250 kata dengan menggunakan Times New Roman ukuran 11 , disusun dalam satu paragraf, ditulis dalam dua bahasa yakni bahasa Inggris yang secara gamblang, utuh, dan lengkap menggambarkan esensi isi keseluruhan tulisan bukan ringkasan tulisan.

1.4.        Kata kunci/keyword terdiri dari 3-5 kata kata kunci dalam bahasa Inggris diurutkan menurut abjad.Pendahuluan (semua dituliskan dalam bentuk narasi dan uraian dari sistematika penulisan tersebut masuk dalam bentuk narasi), yaitu terdiri dari Latar Belakang, Tinjauan Literatur dan Studi Sebelumnya, Masalah/Hipotesis, Tujuan Penelitian, Manfaat Penelitian.

1.5.        Metode Penelitian;  menguraikan lokasi dan waktu pelaksanaan penelitian, bahan dan alat, prosedur penelitian, metode pengumpulan data, proses pengumpulan data dan analisis data.

1.6.        Hasil dan Pembahasan ditulis dalam satu bab utuh dan ada kesesuaian antar metode penelitian. Tabel dan gambar disertai keterangan yang jelas.

1.7.        Gambar diletakkan simetris dalam kolom halaman, gambar diberi nomor urut dengan angka Arab. Keterangan gambar diletakkan di bawah gambar dan berjarak satu spasi tunggal dari gambar. Penulisan keterangan gambar menggunakan huruf berukuran 10 pt, bold.

1.8.        Kesimpulan dapat berupa paragraf, namun sebaiknya berbentuk point-point dengan menggunakan numbering atau bullet.

1.9.        Naskah harus menggunakan sumber primer (jurnal) minimal 80%, dan jumlah acuan minimal 12 sumber pustaka.

1.10.     Penulisan daftar pustaka mengikuti format APA (American Psychological Association).

 

Buku : Castleman, K. R., 2004, Digital Image Processing, Vol. 1, Ed.2,  Prentice Hall, New Jersey.

Buku Terjemahan : Gonzales, R., P. 2004, Digital Image Processing (Pemrosesan Citra Digital), Vol. 1, Ed.2,  diterjemahkan oleh Handayani, S., Andri Offset, Yogyakarta.

Artikel dalam Buku : Wyatt, J. C, danSpiegelhalter, D., 1991,  Field Trials of Medical Decision-Aids: PotentialProblems and Solutions,  Clayton, P. (ed.): Proc. 15th Symposium on ComputerApplications in Medical Care, Vol 1, Ed. 2, McGraw Hill Inc, New York.

 Pustaka dalam bentuk artikel dalam majalah ilmiah: Yusoff, M, Rahman, S.,A., Mutalib, S., and Mohammed, A. , 2006, Diagnosing Application Development for Skin Disease Using Backpropagation Neural Network Technique, Journal of Information Technology, vol 18, hal 152-159.

 Pustaka dalam bentuk artikel dalam seminar ilmiah: Wyatt, J. C, Spiegelhalter, D, 2008, Field Trials of Medical Decision-Aids: PotentialProblems and Solutions, Proceeding of 15th Symposium on ComputerApplications in Medical Care, Washington, May 3.

  1. Nasakah di Artikel ditulis dengan tipe huruf Times New Roman ukuran 12, spasi multiple 1,15 justified dan tidak di tulis bolak-balik pada satu halaman; naskah ditulis pada kertas A4 (210 mmx 297 mm) dengan margin atas 2 cm, bawah 2 cm, kiri dan kanan masing-masing 3 cm. Panjang naskah minimal 11 halaman termasuk gambar dan tabel.
  2. Penulisan isi makalah mulai dari pendahuluan sampai daftar pustaka ditulis dalam 2 kolom.
  3. Dalam penulisan angka ribuan menggunakan tanda titik (.) dan decimal menggunakan tanda koma(,).
  4. Artikel di submit ke https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jmfkh/index
  5. Kepastian penerimaan, penolakan dan pemuatan naskah akan diberitahukan kepada penulis secara tertulis atau dengan media lainnya.
  6. Naskah yang masuk serta pemuatan dalam jurnal merupakan hak prerogratif penyunting dan dijadikan bank data serta tidak dapat diganggu gugat.
  7. Naskah yang tidak dimuat tidak akan dikembalikan.

Kami mohon penulis sedapatnya memeriksa kembali hal-hal berikut ini sebelum mengirimkan manuskrip untuk diterbitkan.

  1. Apakah manuskrip sudah ditulis dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar?
  2. Apakah manuskrip yang ditulis telah sesuai dengan format Jurnal Hutan Lestari?  Dalam bagian ini, tidak harus tulisan tersebut sama persis dengan detail format yang ada pada Jurnal Hutan Lestari. Namun usahakan sebisa mungkin mengikuti aturan format yang disediakan minimal 5 halaman termasuk referensi.
  3. Apakah judul dan abstrak Anda ditulis dengan benar? Judul tulisan maksimal 15 kata, tanpa Akronim atau singkatan. Sedangkan bagian Abstrak (100-300 kata) harus informatif dan mendeskripsikan secara jelas (tidak ada kutipan secara abstrak), memberikan pernyataan yang jelas dari masalah, pendekatan yang diusulkan atau solusi, dan menunjukkan temuan utama dan kesimpulan.
  4. Penulis dapat menggambarkan penjelasan masalah yang sudah ada (tercantum dalam Referensi) di bagian pendahuluan untuk memenuhi kriteria jurnal ilmiah yang memperkenalkan setiap hal baru, peningkatan, dll dari pengerjaan penelitian tersebut sebelum masalah pemecahan dilakukan atau diusulkan oleh penulis sebagai kontribusi yang signifikan.
  5. Hasil penelitian dan analisis TIDAK disajikan secara ringkas, tapi dipaparkan sejelas-jelasnya. Peningkatkan kualitas analisis dapat dilakukan dengan menyajikan perbandingan antara kinerja penelitian Anda dan penelitian lainnya. Hal ini sangat penting untuk membuktikan bahwa penelitian Anda memiliki nilai yang signifikan dan tidak terlalu sederhana.
  6. Pastikan naskah yang ditulis menggunakan referensi terbaru. Kami mengharapkan 10-20% referensi yang digunakan adalah dari penelitian di masa sekarang.
  7. Apa kemungkinan yang dimaksud dari kutipan naskah Anda? Perlu diperhatikan segera bahwa kemampuan teknis Anda akan dievaluasi berdasarkan jumlah kutipan bukan didasarkan pada jumlah makalah yang diterbitkan. Oleh karena itu, penelitian Anda ini harus sangat jelas menggambarkan prestasi Anda sehingga orang lain dapat memahami kontribusi nyata yang Anda hasilkan.
  8. Apakah naskah itu ditulis dengan jelas? Apakah artikel menarik? Apakah penjelasan isi penelitian mengalir dengan baik dari satu bagian ke bagian lain ? Diharapkan Anda dapat membuat naskah yang ditulis pada konteks yang tepat. Tulisan harus mudah dipahami oleh para ahli yang berkualifikasi, tetapi di satu sisi hindari penggambaran fakta yang umum atau biasa (menggunakan referensi yang tepat sebagai gantinya). Seringkali naskah menerima ulasan negatif karena reviewer tidak mampu memahami naskah secara singkat dan ini adalah kesalahan penulis (bukan reviewer). Mohon diperhatikan jika reviewer mengalami kesulitan, maka pembaca lainnya juga akan menghadapi masalah yang sama dan sehingga naskah tidak dapat diterbitkan.
  9. Apakah Anda memiliki cukup referensi? Kami biasanya akan mengharapkan minimal 8 referensi utama untuk makalah jurnal. Kutipan dari buku harus sangat minimal digunakan dan kutipan dari halaman web harus dihindari. Semua makalah dikutip harus dirujuk dalam teks naskah.
  10. Setiap kutipan harus ditulis sesuai urutan penampilannya dalam teks.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.