PELAKSANAAN PEMBAYARAN DALAM PERJANJIAN KERJA SAMA PENJUALAN TIKET PESAWAT OLEH SUB-AGENT KEPADA PENGUSAHA PT. SENTOSA WISATA GLOBAL DI KOTA PONTIANAK

CANDRA HENDI - A01111030

Abstract


PT. Sentosa Wisata Global merupakan salah satu travel agent yang ada di Kota Pontianak. Travel agent adalah pihak yang ditunjuk oleh maskapai untuk memasarkan jasa penerbangan kepada masyarakat. PT. Sentosa Wisata Global sebagai travel agent membuka kesempatan kepada masyarakat yang ingin melakukan penjualan tiket pesawat dengan mendaftarkan diri menjadi sub-agent. Sub-agent adalah orang/badan hukum yang menjalankan usaha penjualan tiket pesawat dengan menginduk kepada travel agent yang sudah berdiri dan tidak berhubungan langsung dengan maskapai. Pendaftaran sub-agent ini dituangkan dalam bentuk perjanjian tertulis antara PT. Sentosa Wisata Global dan sub-agent. Salah satu isi perjanjian ini memuat jangka waktu pembayaran oleh sub-agent kepada PT. Sentosa Wisata Global.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan data dan informasi tentang pelaksanaan perjanjian kerja sama penjualan tiket pesawat, mengungkapkan faktor-faktor yang menyebabkan sub-agent wanprestasi, mengungkapkan akibat hukum bagi sub-agent yang wanprestasi, serta mengungkapkan upaya yang ditempuh oleh pengusaha PT. Sentosa Wisata Global terhadap sub-agent yang tidak melaksanakan kewajiban pembayaran penjualan tiket pesawat.

Penelitian ini menggunakan metode empiris dengan pendekatan deskriptif analisis, yaitu dengan cara memaparkan dan menganalisis fakta-fakta dan data yang secara nyata diperoleh pada saat penelitian dilakukan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan wawancara terhadap pengusaha PT. Sentosa Wisata Global dan menyebarkan angket (questioner) kepada sub-agent.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih ada sub-agent yang tidak melaksanakan kewajiban pembayaran sesuai jangka waktu yang telah diperjanjikan. Faktor-faktor yang menyebabkan sub-agent wanprestasi antara lain faktor keuangan, kelalaian, serta itikad tidak baik dari sub-agent yang bersangkutan. Akibat hukum dari adanya wanprestasi adalah pembatalan perjanjian yang dilakukan PT. Sentosa Wisata Global terhadap sub-agent. Sedangkan upaya yang dilakukan terhadap sub-agent yang wanprestasi adalah dengan diberikan teguran dan diselesaikan dengan musyawarah untuk mufakat.

 

Keyword: Perjanjian, Kerja Sama, Wanprestasi, Sub-agent


Full Text:

Untitled () PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered By : Team Journal - Faculty of Law - Tanjungpura University 2013