FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA PERKELAHIAN ANTAR WARGA BINAAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II B SINTANG

JHON APRIADI - A11111009

Abstract


Skripsi dengan judul : Faktor Penyebab Terjadinya Perkelahian Antar Warga Binaan Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Sintang ditullis dengan metode penelitian Empiris dengan pendekatan Yuridis Sosiologis. Adapun faktor yang menjadi penyebab terjadinya perkelahian di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Sintang berdasarkan penelitian yang dilakukan yaitu: sempitnya kamar hunian (over kapasitas), karena diejek teman sesama warga binaan sehingga berujung perkelahian, pembinaan yang diberikan seadanya (kurang pembinaan) yang disebabkan kurangnya tenaga ahli untuk menunjang proses pembinaan, emosi, dan salah paham.

Untuk mencapai tujuan pembinaan yang maksimal, petugas Lembaga Pemasyarakatan mempunyai peran yang sangat penting dalam memberikan pembinaan kepada warga binaan selama berada di Lembaga Pemasyarakatan. Adapun macam-macam bentuk pembinaan yang dilakukan di Lembaga Pemasyarakatan antara lain pembinaan kepribadian dan kemandirian (pembinaan sosial, pembinaan mental spiritual, pembinaan keterampilan dan pembinaan fisik).

Kemudian untuk menjaga keamanan dan ketertiban di Lembaga Pemasyarakatan bagi warga binaan yang melakukan perkelahian sudah pasti mendapatkan sanksi/konsekwensi yang diberikan oleh petugas Lembaga Pemsyarakatan berdasarkan Undang-undang No 12 Tahun 1995 pasal 47 yaitu sanksi disiplin dan sanski tindakan disiplin. Sanksi tindakan disiplin yaitu upayan pengamanan terhadap warga binaan yang melakukan perkelahian dengan menempatkan di kamar (sel) pengasingan selama waktu tertentu, sedangkan sanksi hukuman disiplin yaitu hukuman terhadap warga binaan yang melanggar peraturan keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat, adapun hukuman disiplin yang dijatuhkan antara yaitu: tutupan sunyi selama 6 (enam) hari, menunda atau meniadakan hak-hak tertentu untuk jangka waktu dan bagi warga binaan yang pernah dijatuhi hukuman tutupan sunyi jika mengulangi pelanggaran atau berusaha melarikan diri dapat dijatuhi tutupan sunyi paling lama 2 kali 6 (enam) hari.

 

Keyword : Penyebab Perkelahian Narapidana


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered By : Team Journal - Faculty of Law - Tanjungpura University 2013