STUDI KOMPERATIF ANTARA CREDIT UNION KELING KUMANG DENGAN KOPERASI PEGAWAI NEGERI UNIVERSITAS TANJUNGPURA DITINJAU DARI PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 17 TAHUN 2012 TENTANG PERKOPERASIAN

SY. FITRI ZAKIA PUTRI ALQ. - A01109201

Abstract


Judul skripsi yang diambil penulis adalah Studi Komperatif antara Credit Union Keling Kumang dan Koperasi Pegawai Negeri Universitas Tanjungpura ditinjau dari perspektif undang-undang nomor 17 tahun 2012 tentang Perkoperasian. Objek dari penelitian ini adalah kedua koperasi tersebut dimana penulis mengambil objek tersebut untuk membandingkan kedua koperasi dari aspek persamaan dan perbedaan yang ada berdasarkan undang-undang nomor 17 tahun 2012 tentang perkoperasian. Dimana yang menjadi permasalahan dalam penulisan ini ialah bagaimana struktur dan mekanisme usaha antara credit union keling kumang dan KPN universitas tanjungpura ditinjau dari perspektif undang-undang no 17 tahun 2012 tentang perkoperasian. Sehingga tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan data dan informasi mengenai struktur dan mekanisme usaha antar kedua koperasi yang menjadi objek dalam penelitian ini.

Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode normatif dengan memfokuskan penelitian pada perbandingan hukum, dengan mengkaji objek yang di teliti berdasarkan peraturan yang ada dan didukung dengan berbagai literatur-litaratur pendukung. Penelitian hukum normatif ialah penelitian hukum yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka atau data sekunder belaka atau lebih dikenal dengan penelitian hukum kepustakaan.

Dari hasil penelitian yang dilakukan, penulis mengambil kesimpulan bahwa kedua koperasi ini sudah menjalankan segala kegiatan usahannya berdasarkan undang-undang nomor 17 tahun 2012 tentang perkoperasian. Hanya saja pengaplikasian yang dilakukan oleh kedua koperasi pada tiap-tiap ketentuan sedikit berbeda. Hal ini pula yang menentukan berkembang dan mampunya kedua koperasi ini untuk tetap bertahan dan mampu untuk bersaing dengan lembaga keuangan lainnya.

Keywords : Studi Komperatif Antara CU Keling Kumang Dengan KPN UNTAN


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered By : Team Journal - Faculty of Law - Tanjungpura University 2013