WANPRESTASI PANGKALAN RONY TERHADAP PT. DWI INDO MANDIRI DALAM PERJANJIAN JUAL BELI DI KECAMATAN PONTIANAK UTARA

JULIAWATI - A01109023

Abstract


Mengenai perjanjian antara Pemilik Pangkalan Rony dengan Pimpinan PT. DWI INDO MANDIRI merupakan perjanjian jual beli sebagaimana yang terdapat dalam Pasal 1457 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata yaitu : jual beli adalah suatu perjanjian, dengan mana pihak yang satu mengikatkan dirinya untuk menyerahkan suatu kebendaan, dan pihak yang lain untuk membayar harga yang telah dijanjikan.

Adapun faktor-faktor yang menyebabkan Pemilik Pangkalan Rony tidak melaksanakan kewajibannya antara lain disebabkan oleh tabung kosong yang dipinjamkan ke warung-warung belum dikembalikan. Faktor lainnya adalah dikarenakan Pemilik Pangkalan Rony menjual tabung kosong elpiji 3kg kepada pihak ketiga, hal ini menyebabkan hilangnya tabung pinjaman.

Akibat hukum bagi Pangkalan Rony selaku pangkalan elpiji 3kg yang telah lalai dalam melaksanakan kewajibannya yaitu mengganti kerugian yang timbul dari wanprestasi tersebut. Upaya pertama yang dilakukan Pimpinan PT. DWI INDO MANDIRI adalah menegur dan memberi peringatan kepada Pemilik Pangkalan Rony. Pimpinan PT. DWI INDO MANDIRI menanyakan penyebab belum mengembalikan tabung kosong elpiji 3 kg yang telah jatuh tempo sesuai dengan yang diperjanjikan, dan Pimpinan PT. DWI INDO MANDIRI meminta untuk segera mengembalikan tabung pinjaman. Pimpinan PT. DWI INDO MANDIRI juga menuntut ganti rugi berupa meminta pengembalian tabung pinjaman dan mengganti tabung yang telah dijual dan yang hilang. Dan tidak menutup kemungkinan PT. DWI INDO MANDIRI akan memutuskan hubungan kerjasama diantara mereka dikarenakan Pemilik Pangkalan Rony tidak profesional dalam menjalankan usahanya.

Perselisihan atau masalah yang timbul dalam pelaksanaan perjanjian selama ini hanya diselesaikan dengan cara damai dan kekeluargaan. Artinya belum ada salah satu pihak yang digugat secara perdata ke pengadilan karena belum sepenuhnya memenuhi kewajibannya.

Keyword : Perjanjian jual beli,wanprestasi Pangkalan Rony


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered By : Team Journal - Faculty of Law - Tanjungpura University 2013