PENGARUH MABUK MINUMAN KERAS OLEH ANAK TERHADAP TIMBULNYA PERKELAHIAN DI KECAMATAN SENGAH TEMILA KABUPATEN LANDAK DITINJAU DARI SUDUT PANDANG KRIMINOLOGI

JULIO CESAR TAKILALA - A01109052

Abstract


Masalah sosial merupakan suatu kondisi yang tidak terlepas dari kehidupan sosial dan bermasyarakat. Masalah sosial dalam hal ini berupa dinamika-dinamika yang terjadi dalam bentuk perilaku yang menyimpang yang bersifat merusak dan memperngaruhi fungsi dan kontrol sosial, seperti perkelahian anak atas pengaruh mabuk minuman keras di Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, masalah perkelahian yang timbul dari pengkonsumsian minuman keras di Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak sangat mengkhawatirkan.Hal ini tentunya harus mendapat perhatian dan penanggulangan yang lebih, mengingat anak-anak di daerah ini masih berstatus pelajar dan masih berusia antara 10-18 tahun. Hal ini tentu menjadi permasalahan yang serius, mengingat anak adalah generasi penerus yang kelak akan memimpin bangsa ini.

Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode Empiris karena berkaitan dengan bagaimanahukum dapat dipelajari sebagai gejala sosial empiris yang dapat diamati dalam kehidupan nyata. Dan sifat penelitian yang digunakan yaitu bersifat Deskriptif Analisis, yaitu dengan melihat, mengamati, serta menganalisa fakta-fakta yang ada di lapangan sebagaimana adanya.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa timbulnya perkelahian dari dampak pengkonsumsian minuman keras oleh anak di Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak ditinjau dari sudut pandang kriminologi disebabkan oleh terganggunya fungsi dan kontrol otak serta psikis anak dalam pengaruh minuman keras.

 

Keyword: anak, minuman keras, perkelahian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered By : Team Journal - Faculty of Law - Tanjungpura University 2013