EFEKTIFITAS PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PENADAH HANDPHONE HASIL CURIAN DIWILAYAH HUKUM POLSEK SELATAN KOTA PONTIANAK

MUAMMAR KHADAFI - A01110070

Abstract


Pekerjaan menjual barang hasil curian merupakan tindakan ilegal dan melanggar hukum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya penegakan hukum aparat kepolisian terhadap tindak pidana penadahan handphone. Serta untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapai aparat kepolisian dalam upaya penegakan hukum terhadap tindak pidana penadahan handphone.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk upaya penegakan hukum yang dilaksanakan aparat kepolisian adalah dengan melakukan razia dan pemeriksaan, razia ini dilakukan di konter-konter handphone dan tempat-tempat yang diketahui berpotensi terjadi tindak pidana penadahan. Pelaksanaan razia oleh aparat ini hanya menindaki tindak pidana penadahan jika adanya laporan dari korban.Sementara modus penadahan handphone mengalami kemajuan yang lebih modern seperti melakukan pemasaran melalui media jejaring sosial dan masih diluar jangkauan aparat kepolisian karena kurangnya sumber daya aparat kepolisian. Sementara itu kurang intensifnya pengawasan dan pemeriksaan yang dilakukan meneyebabkan tidak diterapkannya upaya pencegahan terhadap pelaku tindak pidana penadahan handphone sehingga tindak pidana pencurian dan penadahan semakin berkembang.

Selain itu, kurang sigapnya aparat dalam mencegah kasus penadahan telah membuka peluang meluasnya para pelaku penadahan. Penegakan hukum terhadap tindak pidana penadahan ini mengalami kendala internal dari aparat kepolisian seperti kurangnya biaya operasional, sumber daya aparat, dan fasilitasnya. Menyebabkan kurang maksimalnya upaya penegakan hukum yang dilaksanakan oleh aparat kepolisian sektor selatan Kota Pontianak. Sementara itu faktor eksternal aparat kepolisian seperti sikap acuh masyarakat terhadap tindak pidana penadahan serta kurangnya dukungan serta kesadaran masyarakat. Telah mendorong kemajuan tindak penadahan handphone curian yang secara langsung juga telah mendukung berkembangnya tindak pidana penadahan dengan berbagai modus.

 

 

Keyword:Penadahan, handphone, Penegakan hukum


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered By : Team Journal - Faculty of Law - Tanjungpura University 2013