PELAKSANAANPEMBAYARAN OLEH PEMINJAM DALAM PERJANJIAN PINJAM MEMINJAMDENGAN CU KHATULISTIWA BAKTI DI DESA SEKILAP KECAMTAN MANDOR KABUPATEN LANDAK

BRIAN WIRA SUGARI - A11111051

Abstract


Dengan adanya asas kebebasan berkontrak, yang di atur dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, salah satunya adalah Perjanjian Pinjam Meminjam modal kepada salah satu lembaga keuangan resmi yang berbentuk koperasi yaitu Credit Union. Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah : “Apakah Perjanjian Pinjam Meminjam di CU Khatulistiwa Bakti Desa Sekilap Kecamatan Mandor Kabupaten Landak Sudah Dilaksanakan Sesuai Perjanjian?”

Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data dan informasi tentang pelaksanaan perjanjian pinjam meminjam antara CU Khatulistiwa Bakti dengan Peminjam.Untuk mengungkapkan faktor penyebab peminjam tidak melaksanakan kewajiban dalam perjanjian pinjam meminjam. Kemudian untuk mengungkapkan akibat hukum bagi peminjam yang wanprestasi / tidak melakukan kewajibannya dalam perjanjian pinjam meminjam, dan untuk mengungkapkan upaya dari CU Khatulistiwa Bakti terhadap peminjam yang wanprestasi / tidak melaksanakan kewajibannya.

Bahwa metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan  metode Empiris dengan pendekatan Deskriptif Analisis. Hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut, yakni pada dasarnya telah terjadi wanprestasi atas perjanjian pinjam meminjam oleh Peminjam di Desa Sekilap Kecamatan Mandor Kabupaten Landak. Sedangkan faktor penyebab Peminjam wanprestasi adalah karena usaha yang di jalankan tidak lancar, keperluan lain yang mendesak, kebutuhan ekonomi yang semakin meningkat.

Akibat hukum atas peristiwa tersebut bagi Peminjam adalah mereka dikenakan sanksi berupa di beri peringatan dengan pemberian Surat Peringatan berturut-turut sebanyak tiga kali serta di kenakan penyitaan aset karena tidak memenuhi kewajiban sesuai yang di perjanjiakan. Sedangkan upaya hukum yang dilakukan oleh CU Khatulistiwa Bakti adalah melakukan pemotongan Simpanan yang di jaminkan untuk membayar angsuran, bunga, dan denda pada bulan berjalan dan jika di anggap perlu akan di tempuh upaya Hukum ke Pengadilan.

Sedangkan saran yang diajukan yakni hendaknya CU Khatulistiwa Bakti lebih selektif dalam memberikan pinjaman kepada peminjam yang mengajukan pinjaman.

Keyword: PERJANJIAN, PINJAM MEMINJAM, WANPRESTASI


Full Text:

PDF Untitled ()

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered By : Team Journal - Faculty of Law - Tanjungpura University 2013