KEWAJIBAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA PONTIANAK DALAM KELANCARAN PENDISTRIBUSIAN AIR BERSIH BAGI MASYARAKAT DI KECAMATAN PONTIANAK TIMUR

JHONIKO - A11109220

Abstract


Pemenuhan kebutuhan konsumen akan air bersih di Indonesia diwujudkan  pelayanan  publik  yang  dilaksanakan  atau  dikelola  oleh Perusahaan  Daerah  Air  Minum  (PDAM).  Pasal  1  ayat  (1)  Undang-Undang  Negara  Republik  Indonesia  Nomor  25  Tahun  2009  Tentang Pelayanan Publik menyebutkan bahwa pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga Negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan  oleh  penyelenggara  pelayanan  publik.  Faktor  penyebab ketidaklancarnya pendisribusian air bersih bagi masyarakat Kecamatan Pontianak  Timur  oleh  PDAM  Kota  Pontianak  adalah  kebocoran  pipa pendistribusian  karena  kurangnya  perawatan  berkelanjutan.  Secara umum upaya memberikan pelayanan kepada pelanggan harus mengacu terhadap  isi  Undang-Undang  Perlindungan  Konsumen  dimana  pihak PDAM Kota Pontianak juga harus memberikan pelayanan yang terbaik terhadap  semua  pelanggan    khususnya,  maka  dari  itu  haruslah  ada pemeriksaan  kualitas  air  yang  layak  dikonsumsi  pelanggan  setiap tahunnya agar pelanggan merasakan pelayanan yang memuaskan demi kelancaran air ledeng tersebut.      Permasalahan pokok dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut  :  ”Apakah  Pelanggan  di  Kecamatan  Pontianak  Timur  sudah mendapatkan pendistribusian air bersih dari PDAM Kota Pontianak  ?”  Dengan  tujuan  dalam  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui pendistribusian  air  bersih  dan  hambatan  dari  PDAM  Kota  Pontianak bagi  pelanggan  di  Kecamatan  Pontianak  Timur  dan  mengungkapkan tanggung  jawab  PDAM  dalam  mendistribusikan  air  bersih  bagi pelanggan.  Penelitian  ini  dilakukan  dengan  menggunakan  metode penelitian  hukum  Normatif  penelitian  ini  hanya  ditujukan  pada peraturan-peraturan  tertulis  sehingga  penelitian  ini  sangat  erat hubungannya  pada  perpustakaan  dsn  membutuhkan  data-data  yang bersifat  sekunder.  Penulis  juga  mengunakan  pendekatan  diskriptif analisis.      Kesimpulan dalam skripsi ini adalah bahwa tanggung jawab PDAM Kota Pontianak atas kelancaran dalam pendistribusian air bersih kepada  pelanggan  yakni  melakukan  pengecekan  langsung  dilapangan terkait  pengaduan  yang  diajukan  oleh  pelanggan  dan  memberikan potongan  biaya  dalam  pembayaran  rekening  air  apabila  terjadi kesalahan  dalam  pendistribusian  air.  Hambatan  dalam  pendistribusian air  bersih  dari  PDAM  yakni  tekanan  air  yang  tidak  merata,  musim kemarau mengakibatkan tidak ada sumber air dan pipa yang sudah tua sehingga  tidak  optimalnya  pendistribusian  air  ke  pelanggan.  Upaya hukum yang dilakukan oleh pelanggan terhadap PDAM Kota Pontianak dalam  kelancaran  penyaluran  air  bersih  adalah  melakukan  pengaduan tertuju  pada  Direksi  PDAM  dan  menuntut  kompensasi  ganti  rugi pembayaran  rekening  air  akibat  tidak  ada  pendistribusian  air  ke pelanggan.

Keyword : Pelanggan, Pendistribusian air bersih,, Tanggung Jawab


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered By : Team Journal - Faculty of Law - Tanjungpura University 2013