ANALISIS PENGARUH KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PT. BANK KALBAR CABANG FLAMBOYAN

FITRI B11211053

Abstract


Manusia sebagai tenaga kerja dari perusahaan memegang peranan yang sangat penting sebagai pemutar roda produksi dalam perusahaan karena mereka mempunyai perasaan, status, keinginan, dan latar belakang heterogen yang dibawa ke dalam setiap orang. Mengingat begitu pentingnya peranan sumber daya manusia bagi perkembangan perusahaan dalam menjawab tantan masa depan maka perusahaan dapat melakukan proses perekrutan tenaga kerja yang baik, dipekerjakan lalu dilakukan penilaian atas kinerjanya dengan mengukur tingkat kepuasan kerjanya.

Usaha untuk meningkatkan kepuasan kerja karyawan bukanlah hal yang mudah karena menyangkut sikap, mental, dan perilaku. Salah satu faktor yang menentukan peningkatan kepuasan kerja karyawan adalah bagaimana meningkatkan semangat kerja yang tinggi dan bagaimana membentuk komitmen organisasi. Komitmen organisasi yang dimiliki karyawan akan mendorong seseorang untuk bekerja dan  bertindak dalam mencapai apa yang menjadi tujuannya yang akan menjadi sebab timbulnya kepuasan kerja. Oleh sebab itu, tesis ini menganilisa pengaruh komitmen organisasional terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. Bank Kalbar Cabang Flamboyan.

Responden untuk penelitian ini adalah 39 karyawan pada PT Bank Kalbar Cabang flamboyan. Jenis Pangambilan sampel dalam penulisan ini adalah purposive, kemudian diolah dengan menggunakan analisis regresi.

Dari hasil analisis regresi secara parsial didapat nilai probabilitas variabel komitmen afektif (X1) sebesar 0,0000 kurang dari 0,05, dengan demikian variabel komitmen afektif berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Variabel komitmen continance (X2) didapat nilai probabilitas sebesar 0,008 kurang dari 0,05, dengan demikian variabel komitmen continuance berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Variabel komitmen normatif (X3) didapat nilai probabilitas sebesar 0.024 kurang dari 0,05, dengan demikian variabel komitmen normatif berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Sedangkan secara simultan didapat nilai probabilitas sebesar 0,000 kurang dari 0,05,  dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. Bank Kalbar Cabang Flamboyan.

Kata Kunci : Komitmen Organisasional, Kepuasan Kerja

Full Text:

PDF Untitled ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/ejme.v1i2.9951

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher: Master of Management Program, Faculty of Economics and Business, Universitas Tanjungpura

Editorial Address: Jalan Profesor Doktor Haji Hadari Nawawi,
Kecamatan Pontianak Tenggara, Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78115.

Creative Commons License
Equator Journal of Management and Entrepreneurship is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.