PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA USAHA KECIL DAN MENENGAH MEUBELAIR DI KOTA PONTIANAK

Rakhmad Sapardi B11212082

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap pengambilan keputusan pembelian konsumen. Konsumen dalam penelitian ini merupakan perusahaan developer (pengembang), yang melakukan pembelian produk meubelair (kusen, pintu, jendela) dari UKM. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksplanatori. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kepada 68 responden dengan kuesioner sebagai panduan. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel kualitas produk dan harga berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian. Secara simultan kualitas produk dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan nilai Adjusted R Square sebesar 0,332, yang berarti bahwa variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel kualitas produk dan harga sebesar 33,2%, sedangkan sisanya sebesar 66,8% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF Untitled ()


DOI: https://doi.org/10.26418/ejme.v3i2.8366

Refbacks

  • There are currently no refbacks.