Pembelian Impulsif Melalui Keterlibatan Siaran Langsung: Perspektif Gen Z

Qorina Qurrota 'Aina Haura, Mahrinasari MS

Abstract


Kemajuan teknologi yang semakin pesat telah mengubah sistem penjualan menjadi siaran langsung. Kemudahan dalam menyiarkan promosi penjualan di perangkat seluler dapat meningkatkan pendapatan. Belanja melalui siaran langsung dapat mengurangi hambatan jarak dan ketidakjelasaan informasi dengan memberikan pengalaman berbelanja yang imersif, menarik dan menyenangkan. Siaran langsung dapat menjangkau pembeli dari setiap kalangan termasuk Generasi Z. Platform siaran langsung yang menawarkan pengalaman belanja yang unik, menarik, memiliki kenyamanan, koneksi, dan memenuhi kebutuhan dapat berdampak terhadap perilaku pembelian impulsif terutama di kalangan Generasi Z Penelitian ini menginvestigasi bagaimana keterlibatan dalam siaran langsung dapat mempengaruhi perilaku pembelian secara impulsif terhadap Generasi Z. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data. Penelitian ini menggunakan 320 responden dari umur 18-25 tahun yang pernah terlibat dalam siaran langsung dan melakukan pembelian secara impulsif. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan SEM-LISREL v8.8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan dalam siaran langsung yang terdiri dari imersif dan kehadiran dapat mempengaruhi perilaku pembelian secara impulsif pada Generasi Z.


Keywords


Generasi Z; Pembelian Impulsif; Siaran Langsung

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/ejme.v12i1.75920

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher: Master of Management Program, Faculty of Economics and Business, Universitas Tanjungpura

Editorial Address: Jalan Profesor Doktor Haji Hadari Nawawi,
Kecamatan Pontianak Tenggara, Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78115.

Creative Commons License
Equator Journal of Management and Entrepreneurship is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.