ANALISIS PENGARUH PERSEPSI MANFAAT, PERSEPSI KEMUDAHAN TERHADAP KEPUASAN dan KEPERCAYAAN MENGGUNAKAN CUPK MOBILE (Studi Pada Anggota CUPK)
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi yang dialami oleh Lembaga Credit Union Pancur Kasih (CUPK) untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan kepercayaan anggotanya melalui aplikasi CUPK Mobile. Peluncuran aplikasi ini dimulai tahun 2016, dan dikembangkan lagi sehingga ada perubahan fitur serta logo pada tahun 2018. Layanan mobile ini sangat bagus memberikan kemudahan, efektif dan efisien tetapi banyak anggota yang belum menggunakan aplikasi tersebut, dari jumlah anggota CUPK 182.478 orang (data CUPK tahun 2021) jumlah yang download 2042 orang dengan presentasi 1,21% jika dibandingkan dengan jumlah anggota. Dari jumlah pengguna 2042 yang aktif tahun 2018:659 orang dengan presentase 99,5%, 2019: 777 orang presentase 99,7%, 2020:550 orang presentase 98,6%, dan 2021:163 orang mengalami penurunan menjadi 8% pengguna aktif. Penelitian ini bertujuan: 1). Untuk menguji dan menganalisis pengaruh persepsi manfaat CUPK Mobile terhadap kepuasan anggota CUPK. 2). Untuk menguji dan menganalisis pengaruh persepsi kemudahaan CUPK Mobile terhadap kepuasan anggota CUPK. 3). Untuk menguji dan menganalisis pengaruh persepsi manfaat CUPK Mobile terhadap kepercayaan anggota CUPK. 4). Untuk menguji dan menganalisis pengaruh kemudahan CUPK Mobile terhadap kepercayaan anggota CUPK. 5). Untuk menguji dan menganalisis pengaruh kepuasan CUPK Mobile terhadap kepercayaan anggota CUPK. Metode penelitian yang digunakan adalah Analisis Jalur (path analysis) dengan menghitung metode koefisien jalur I dan II. Tempat penelitian, penelitian ini dilakukan pada Lembaga keuangan Credit Union Pancur Kasih, Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner, dengan populasi adalah anggota CUPK yang menggunakan aplikasi CUPK Mobile dengan sampel adalah anggota yang menggunakan CUPK Mobile, dan data yang memberi tanggapan berhasil dihimpun sebanyak 155. Hasil analisis path menunjukan bahwa variabel persepsi manfaat (X1) = 0.006, persepsi kemudahan (X2)=0.000, kepuasan (Y)=0,001, lebih kecil dari 0.05. Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa variabel X1, X2, dan Y berpengaruh signifikan terhadap variabel Y.
Kata kunci: persepsi manfaat, persepsi kemudahaan, kepuasan dan kepercayaan menggunakan CUPK Mobile.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26418/ejme.v11i04.62270
Refbacks
- There are currently no refbacks.