Pengaruh Lingkungan Fisik dan Spiritualitas di Tempat Kerja Terhadap Kinerja Guru Melalui Gerakan Sekolah Menyenangkan sebagai Variabel Mediasi di SMK Muhammadiyah Sintang
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memperoleh bukti empiris tentang Pengaruh Dari Lingkungan Fisik Dan Spiritualitas Tempat Kerja (Workplace Spirituality) Terhadap Kinerja Guru Dengan Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) sebagai variabel intervening.
Populasi pada penelitian ini yaitu tenaga pengajar di SMKS Muhammadiyah Sintang yang berjumlah 46 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampel jenuh atau sensus yaitu dengan menggunakan sampel tenaga pengajar di lingkungan sekolah di SMKS Muhammadiyah Sintang berjumlah 46 orang. Data penelitian diperoleh dari penyebaran kuesioner untuk pengajar di SMK Muhammadiyah Sintang dengan Skala Likert. Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan asosiatif yang dilakukan terhadap data sampel yang dikumpulkan di lapangan, analisis jalur (path analysis), analisis outer model, analisis inner model, dan uji hipotesis dengan menggunakan SMARTPLS versi 3.2.8.
Hasil penelitian membuktikan bahwa spiritualitas tempat kerja berpengaruh positif terhadap gerakan sekolah menyenangkan (GSM) untuk lingkungan fisik tidak berpengaruh terhadap gerakan sekolah menyenangkan. Sedangkan pada lingkungan fisik dan spiritualitas tempat kerja berpengaruh positif terhadap kinerja guru. Hasil studi intervening menyatakan bahwa gerakan sekolah menyenangkan dan spiritualitas tempat kerja berpengaruh positif terhadap kinerja guru, sedangkan pada lingkungan fisik tidak berpengaruh terhadap kinerja guru.
Kata Kunci : Lingkungan Fisik, Spiritualitas Tempat Kerja (Workplace Spirituality), Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM), Kinerja Guru.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26418/ejme.v11i01.60370
Refbacks
- There are currently no refbacks.