CSR, CITRA MEREK DAN LOYALITAS MEREK AIR MINUM DALAM KEMASAN AQUA
Abstract
Sudah sejak dahulu kala air merupakan sumber peradaban dan lambang kemakmuran manusia. Kebutuhan air bersih yang siap dikonsumsi menjadi sesuatu yang sangat penting saat ini. Adanya perubahan pola pikir manusia secara fundamental serta minimnya kemampuan pemerintah mengembangkan fasilitas penyediaan air bersih telah menyebabkan munculnya para pemain baru dalam industri air minum dalam kemasan (AMDK) di Indonesia. Namun konsumen cenderung membeli produk dengan merek yang sudah dikenalnya atas dasar pertimbangan kenyamanan dan keamanan. Banyak perusahan pada akhirnya menggunakan beragam cara untuk mengkomunikasikan kepada konsumen mengenai keunggulan kompetitif produk mereka sebagai pembeda dari pesaingnya. Di sisi lain, konsumen mulai mempertanyakan keterlibatan perusahaan dalam kegiatan operasionalnya. Disinilah pentingnya penerapan tanggung jawab sosial. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh citra merek terhadap loyalitas merek AMDK AQUA di kota Pontianak dimana tanggung jawab sosial diposisikan sebagai variabel yang dapat memperkuat atau memperlemah hubungan antara keduanya. Hasil penelitian ini memberikan temuan bahwa perusahaan harus menyesuaikan dimensi tanggung jawab sosialnya sebagaimana ekpektasi pelanggan pada program pemasarannya.
Kata Kunci: Tanggung Jawab Sosial, Citra Merek dan Loyalitas Merek
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/ejme.v2i1.5953
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Master of Management Program, Faculty of Economics and Business, Universitas Tanjungpura
Editorial Address: Jalan Profesor Doktor Haji Hadari Nawawi,
Kecamatan Pontianak Tenggara, Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78115.
Equator Journal of Management and Entrepreneurship is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.