Pengaruh Karakteristik Milenial, Budaya Kerja dan Person-Job Fit Terhadap Kinerja Melalui Employee Engagement Sebagai Variabel Intervening Dalam Revolusi Industri 4.0

Dia Purnawati Sulistiowati Maria Christiana Iman Kalis

Abstract


Meningkatnya jumlah pekerja milenial didalam suatu organisasi dapat mempengaruhi kinerja dalam suatu organisasi. Permasalahan ini juga dialami oleh Badan POM. Penelitian ini menggunakan variabel karakteristik milenial, budaya organisasi dan person job terhadap kinerja melalui employee engagement. Penelitian yang dilakukan di Badan POM ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan explanatory research yang menjelaskan setiap variabel penelitian. Instrument penelitian ini menggunakan skala likert dimana setiap butir pertanyaan  dilakukan uji  validitas dan uji reliabilitas guna mengukur keabsahan butir-butir pernyataan tersebut. Data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan data primer yang didapatkan langsung melalui responden dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan melalui google form. Responden pada penelitian ini merupakan karyawan Badan POM yang dipilih menggunakan metode probability sampling yang berarti seluruh karyawan Badan POM memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi responden.  Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan analisis SEM. didapatkan hasil bahwa variabel employee engagement sebagai variabel intervening mampu memediasi karakterisik milenial, budaya kerja dan person job fit terhadap kinerja karyawan Badan POM. Hal tersebut dapat terlihat bahwa nilai pengaruh langsung lebih kecil dibandingkan dengan melaui variabel intervening.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/ejme.v9i4.49939

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Equator Journal of Management and Entrepreneurship (EJME)

Publisher: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Editorial Address: Jalan Profesor Dokter Haji Hadari Nawawi,
Kecamatan Pontianak Tenggara, Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78115.

Creative Commons License
Equator Journal of Management and Entrepreneurship is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.