ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMILIHAN TRAVEL UMROH
Abstract
Kegiatan ibadah haji dan umrah mempunyai dua sisi yang harus diperhatikan dalam pelaksanaannya yaitu, standar pelaksanaannya saat masih di tanah air banyak aspek penting yang harus diperhatikan pembinaannya seperti dalam pelayanan jasa (pembayaran setoran ONH ke bank, pengurusan dokumen haji dan umrah, pemeriksaan kesehatan calon jamaah), bimbingan manasik, (materi bimbingan, metode dan waktu bimbingan), penyediaan perlengkapan, dan konsultasi keagamaan. Fenomena yang terjadi pada travel haji dan umroh adalah meningkatnya intensitas persaingan dan jumlah pesaing menuntut setiap perusahaan untuk memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumennya serta berusaha memenuhi apa yang mereka harapkan dengan cara yang lebih unggul serta lebih memuaskan dari pada yang dilakukan oleh para perusahaan pesaingnya. Peluang inilah yang di lirik bukan saja oleh pemerintah namun juga oleh biro-biro penyelenggaraan berkompetisi untuk menarik simpati jamaah. Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas, maka dapat dirumuskan masalah adalah analisis faktor yang mempengaruhi keputusan pemilihan travel umroh.Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif dengan sampel purposive dengan jumlah responden sebanyak 100 yang meliputi konsemen. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Legalitas Travel, Grup Referensi Pembimbing, Kualitas layanan, harga dan Kemudahan Prosedur berpengaruh terhadap keputusan konsumen Travel Umroh. Kata Kunci: Legalitas Travel, Grup Referensi Pembimbing, Kualitas layanan, harga, Kemudahan Prosedur dan keputusan konsumen.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/ejme.v9i3.49673
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Master of Management Program, Faculty of Economics and Business, Universitas Tanjungpura
Editorial Address: Jalan Profesor Doktor Haji Hadari Nawawi,
Kecamatan Pontianak Tenggara, Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78115.
Equator Journal of Management and Entrepreneurship is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.