ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DENGAN PENGETAHUAN SEBAGAI MODERATOR PADA PT. PRUDENTIAL LIFE ASSURANCE
Abstract
Dewasa ini perusahaan asuransi di Indonesia berlomba-lomba untuk melakukan pendekatan kepada calon nasabah dengan mengerti indikator yang dapat membentuk keputusan pembelian polis asuransi jiwadiketahui juga masyarakat memiliki tingkat pengetahuan atau informasi yang beragam tentang produk asuransi, namun memiliki tingkat inklusi keuangan yang rendah hal ini membuat penulis tertarik untuk menulis apa yang menjadi dasar keputusan masyarakat untuk melakukan pembelian produk keuangan terutama dalam hal perasuransian melalui analisis pengaruh citra merek dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian dengan pengetahuan sebagai moderator produk asuransi. Penelitian ini terdapat data-data yang telah penulis kumpulkan untuk mengukur pengaruh citra merek, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap industri asuransi dan tingkat pengetahuan untuk melihat dasar keputusan pembelian masyarakat membeli asuransi.
Penelitian ini menggunakan teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM), metode yang digunakan yaitu analisis deskriptif yang bertujuan mendeskripsikan data sehingga hasil dapat ditafsirkan. Berdasarkan analisis Penulis menemukan pengaruh variabel citra merek dan kepercayaan sebagai peluang mendukung pembelian, maka terdapat indikasi bahwa masyarakat lebih mempertimbangkan membeli polis asuransi jika ada pihak yang lebih dipercaya untuk menjelaskan mengenai produk asuransi Prudential. Penemuan lainnya bahwa semakin tinggi pengetahuan, nasabah tidak lagi melihat merek dalam memutuskan pembelian produk asuransi.
Kata kunci: asuransi, citra merek, kepercayaan, pengetahuan dan keputusan pembelian
DAFTAR PUSTAKA
Abdillah, W., dan Hartono, J. (2015). Partial Least Square (PLS)- Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.
Alba, Joseph W. and J. Wesley Hutchinson (1987), “Dimensions of Consumer Expertise,” Journal of Consumer Research, 13 (March), 411–45
Arikunto, Suharsimi. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. 2007.
Buchari, Alma. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Bandung:
Alfabeta, 2011.
Chaudhuri, Arjun., Holbrook B Morris (2006). The chain of effects from brand trust and brand affect to brand performance : The Role of Brand. Jpurnal of Marketing, vol. 65, No. 2. Halaman 81-93.
Coulter, et.al. (2005). The Evolution of Consumer Knowledge and Sources of Information: Hungary in Transition. Journal of the Academy of Marketing Science, Vol. 33, No. Page. 28-54
Engel, James F., Roger D Blackwell, dan Paul W Miniard. 199 Perilaku Konsumen, Alih bahasa Budiyanto, Jakarta : Binarupa Aksara.
16
Fathoni, H. Abdurrahmat.Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: PT Rineka Cipta. 2006.
Ferdinand, Augusty .2006, “Metode Penelitian Manajemen”, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang
Freddy, Rangkuti. 2006. Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.
Foster, Bob. Manajemen Ritel. Bandung: Alfabeta. 2008.
Ghozali, Imam, Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 21. Semarang:
Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2013
Hawkins, Del I, Roger J. Best and Keneth A. Coney. Consumer Behaviour: Building
Marketing Strategi, 10th edition, New York: McGraw-Hill. 2007.
Hariyadi, Edi dan Abdi Triyanto, Peran Agen Asuransi Syariah dalam Meningkatkan Pemahaman Masyarakat tentang Asuransi Syarah”,Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI,Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, Vol. 5 No. 1, April, 2017.
Heriyati, Pantri dan Septi. 2010. Analisis pengarus Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Keputusan pembelian Konsumen pada Handphone Nexian. Journal of Bussines Strategy and Execution. Vol 4 No2, Hal. 171-205.
Husein Umar,Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis, Jakarta : PT RajaGrafindo Persada. 200
Keller, Kevin L, 2003, “Conseptualizing, Measuring, and Managing Customer-Based BrandEquality,”Journal of Marketing, (January), pp. 1-22.
Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran (judul asli: Marketing Management), edisi ketiga belas, jilid 1. Penerjemah Bob Sabran. Jakarta: Penerbit Erlangga. 2009.
Kotler, Philip, diterjemahkan oleh Hendra Teguh dan Ronny A. Rusli, 2002, Manajemen Pemasaran Edisi Millenium 1, PT. Renhalindo,Jakarta
Lau, Geok Then and Sook Han Lee. 1999. Consumers Trust in a Brand and the Link to Brand Loyalty. Journal of Market Focused Management. Vol No. 4, 341-370.
Lee,Y.C.,W.L.Wu,Y.C.Lin,C.K Lee.2010. The effect of word of mouth, knowledge, andpromotions on purchase intention of medical cosmetics.The International Journal ofOrganizational Innovation6(3):96-105.
Lin, N.H. dan B.S.Lin. 2007. The Effect of Brand Image and Product Knowledge on Purchase Intention Moderated by Price Discount. Journal of International Management Studies:121-132.
Loudon, David L., and Della Bitta, Albert J. Consumer Behaviour,4th edition, New York :
Mc.Graw Hill. 1993.
17
Lupiyoadi, Rambat dan A.Hamdani.Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Jakarta:
Salemba Empat, 2006.
Mangkunegara, A. A. Anwar Prabu. 2002. Perilaku Konsumen. Bandung : PT. Refika Aditama
Mayer, R. C., Davis, J. H., & Schoorman, F. D. (1995). An integrative model of organizational trust. Academy of Management Review, 20, 709 –73
Peter, J. Paul dan Jerry C. Olson. 1999.Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi Keempat, Jilid 1.Jakarta: Erlangga.
Sahetapy, Jeofer Pratama. 2013.Diferensiasi Produk, Strategi Merek,
Pengaruhnya Terhadap Keputusan pembelian Meubel UD Sinar Sakti Manado. Jurnal Manajemen. Vol.1, No.3, Hal. 411-420
__________________________ (2002). Consumer Behavior and Marketing Strategy. Sixth edition. New York : Mc Graw-Hill Companies
__________________________ (2008).Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran.Edisi 8. Terjemahan. Jakarta: Penerbit Erlangga
Ren, J., Chung, J.E., Stoel, L. and Xu, Y. (2011), “Chinese dietary culture influences consumers’ intention to use imported soy-based dietary supplements: an application of the theoryof planned behaviour”, International Journal of Consumer Studies, Vol. 35 No. 6,pp. 661-669.
Riduwan.Dasar-dasar Statistika.Bandung: Alfabeta.2003.
_______.Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta. 2010.
Sagaf Ibn US. 201 Analisis Pengaruh Kualitas Palayanan, Nilai Pelanggan, Kepuasan Pelanggan, Serta Trust terhadap Loyalitas Nasabah. Skripsi Universitas Diponogoro Semarang
Setiadi, Nugroho J. Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana. 2003.
Setiadi, Nugroho. 2008. Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta : Kencana Prenada Group.
Sugiyono.Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta. 2010.
_______. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2012.
Sugiyono.Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. 2012.
Sunyoto, Danang. Uji KHI Kuadrat dan Regresi untuk Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.
2010.
Sumarwan, U. Perilaku Konsumen:Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran.
Ghalia,Indonesia. Bogor, 2002.
18
Schiffman, Leon G dan Kanuk, Leslie Lazar. 200 Perilaku Konsumen. Alih Bahasa Oleh Zoelkifli Kasip. EdisiKetujuh. PT. Indeks Gramedia. Jakarta
Tjiptono, Fandy. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing. 2006.
_____________. Brand Management &Strategy.Yogyakarta :CV Andi Offset. 2015.
W. Boyd, Harper, Jr., Orville C. Walker, Jr., and Jean-Claude Larreche. Manajemen Pemasaran: Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global (judul asli: Marketing Management: A Strategic Approach with Global Orientation), edisi kedua, jilid 1. Penerjemah Imam Nurmawan. Jakarta: Erlangga. 2000.
Wijayanti, Nurul Azizah, 2016. Pengaruh Loyalitas Pelangga, Kepercayaan dan Suasana Toko Terhadap EWoM di Chachamilktea. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia Vol 5 No. 3.
Zainuddin Zakaria et al, 2016. The Intention to Purchase Life Insurance: A Case Study of Staff in Public Universities.Procedia Economics and Finance 37, pp. 358 – 365
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/ejme.v7i3.31616
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Master of Management Program, Faculty of Economics and Business, Universitas Tanjungpura
Editorial Address: Jalan Profesor Doktor Haji Hadari Nawawi,
Kecamatan Pontianak Tenggara, Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78115.
Equator Journal of Management and Entrepreneurship is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.