PENGARUH GREEN MARKETING DAN CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP BRAND IMAGE SERTA DAMPAKNYA PADA LOYALITAS KONSUMEN (STUDI PADA KONSUMEN STARBUCKS COFFEE DI KOTA PONTIANAK)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh green marketing dan customer experience terhadap brand image serta dampaknya pada loyalitas konsumen Starbucks Coffee di Kota Pontianak. Penelitian dilakukan di Kota Pontianak dengan ukuran sampel yang digunakan sebesar 70 responden menggunakan metode judgemental sampling. Pengumpulan data diperoleh dari hasil penyebaran kuisioner dengan menggunakan skala Likert yang digunakan untuk mengukur 13 indikator. Teknik analisis penelitian ini menggunakan analisis jalur, dengan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa green marketing dan customer experience secara positif dan signifikan mempengaruhi brand image. Green marketing dan customer experience secara positif dan signifikan mempengaruhi loyalitas konsumen serta brand image secara positif dan signifikan mempengaruhi loyalitas konsumen. Green marketing memiliki pengaruh langsung yang paling besar terhadap brand image dan pengaruh tidak langsung terhadap loyalitas konsumen. Hal ini mengindikasikan bahwa green marketing mengambil peranan penting dalam menciptakan citra merek Starbucks Coffee serta peningkatan loyalitas konsumen pada Starbucks Coffee di Kota Pontianak.
Kata kunci : green marketing, customer experience, brand image, loyalitas konsumen
DOI: https://doi.org/10.26418/ejme.v7i2.30340
Refbacks
- There are currently no refbacks.