PENGARUH RASIO PROFITABILITAS TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI DI BURSA EFEK INDONESIA (STUDI KASUS PADA PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA,TBK)
Abstract
Harga saham mencerminkan nilai dari suatu perusahaan. JIka perusahaan mencapai prestasi yang baik, maka saham perusahaan tersebut akan banyak diminati oleh para investor.Prestasi yang dicapai perusahaan dapat dilihat di dalam laporan keuangan yang dipublikasikan oleh perusahaan (Telekomunikasi ).
Penelitian ini bertujuan untuk mrnganalisis terjadinya pengaruh pada harga saham. Informasi laba perusahaan yang meliputi ROA, ROE, NPM, GPM, dan EPS adalah variabel yang diduga mempengaruhi harga saham tahun 2004-2010. Unit analisis yang digunakan adalah perusahaan Telekomunikasi diakhir tahun 2004-2010.
Pengujian terhadap penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji regresi linier berganda yang dilakukan untuk mennentukan persamaan regresi yang menunjukan hubungan variabel terikat yang ditentukan dengan dua atau lebih variabel bebas secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap variabel terikat. Dan akhir uji-t digunakan untuk melihat signifikansi dari pengaruh variabel bebas secara individu terhadap variabel terikat dengan menganggap variabel bebas secara individu terhadap variabel lain bersifat konstan.
Hasil penelitian menujukkan bahwa variabel Return On Asset ( ROA) dan Earning Per Share (EPS) memiliki pengaruh terhadap harga saham secara persial dengan tingkat sig ( 0,000 dan 0,004 ) sedangkan rasio keuangan yang lainnya tidak berpengaruh. Untuk rasio keuangan yang lainnya tidak berpengaruh. Untuk rasio keuangan yang terdiri dari NPM, ROE, ROA, GPM, dan EPS berpengaruh secara bersama-sama terhadap harga saham pada tahun 2004-2010.
Kata Kunci : Rasio Profitabilitas, Harga saham.
DOI: https://doi.org/10.26418/ejme.v1i1.29635
Refbacks
- There are currently no refbacks.