ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PT VOLARE NETWORK PONTIANAK SEBAGAI UPAYA MENGHADAPI PERSAINGAN DALAM INDUSTRI RADIO DI PONTIANAK
Abstract
Pasar radio merupakan pasar menjanjikan yang masih akan berkembang seiring berkembangnya jumlah penduduk. Untuk memperoleh pasar luas maka dibutuhkan strategi pemasaran tepat dengan memanfaatkan kondisi lingkungan perusahaan yang ada.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah lingkungan perusahaan, baik lingkungan eksternal makro, mikro dan lingkungan internal bisa secaralangsung memiliki hubungan dan pengaruh yang signifikan terhadap strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan di PT Volare Network.
Penelitianini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus yaitu suatu penelitian dengan metode kasus yang memusatkan diri secara intensif pada satu obyek tertentu yang mempelajarinya sebagai suatu kasus.
Adapun hasil yang diperoleh adalah hasil EFAS dari identifikasi peluang dan ancaman memiliki nilai 2.93. Nilai ini lebih kecil dari rata-rata nilai 3 (skor nilai 1-5). Sementara hasil IFAS dari identifikasi kekuatan dan kelemahan internal perusahaan adalah dengan nilai 4,27. Nilai ini cukup baik dari nilai rata-rata 3 (skor nilai 1-5).
Dari keseluruhan nlai tersebut yang dirangkai dalam diagram SWOT 4 K didapati nilai 2,93 dan 4,27 berada di sumbu kuadran/sel 2 yang berarti strategi pemasaran yang digunakan PT Volare Network adalah Strategi Diversifikasi. Strategi pemasaran Diversifikasi ini adalah strategi yang dilakukan perusahaan untuk memperluas usaha membuka beberapa unit bisnis yang sama dengan yang sudah maupun dalam unit bisnis yang berbeda dengan bisnis inti perusahaan. Adapun bisnis yang bisa dilakukan PT Volare Network dengan menggunakan strategi Diversifikasi adalah (1) mendirikan radio baru dengan lebih tersegmentasi. (2) mendirikan pusat pelatihan penyiar/MC. (3) mendirikan bisnis even organizer atau EO. (4) mendirikan bisnis penyiaran/media online.
Kata kunci : SWOT, SWOT 4K, SWOT 9 Sel.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.26418/ejme.v6i3.29490
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Master of Management Program, Faculty of Economics and Business, Universitas Tanjungpura
Editorial Address: Jalan Profesor Doktor Haji Hadari Nawawi,
Kecamatan Pontianak Tenggara, Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78115.
Equator Journal of Management and Entrepreneurship is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.