Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Sikap dan Dampaknya Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking Bank Kalbar dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM)

Kendarto B2041152006

Abstract


Teknologi dan sistem informasi berkembang pesat sejalan dengan perkembangan zaman. Teknologi informasi saat ini sudah berbasis internet sehingga semua dapat diakses kapanpun dan dimanapun tanpa batas. Para pelaku bisnis harus mempelajari dan menggunakan teknologi dan sistem informasi agar dapat meningkatkan kinerja perusahaan.

Technology Acceptance Model (TAM) dan Technology Readiness Index (TRI) merupakan teori penerimaan teknologi yang digunakan dalam penelitian ini. Terdapat lima konstruk yang digunakan dan merupakan gabungan dari konstruk-konstruk asli yang terdapat dalam TAM dan TRI. Kelima konstruk tersebut adalah kesiapan peneriman teknologi (technology readiness), persepsi kemudahan (perceived ease of use), persepsi kegunaan (perceived usefulness), sikap (attitude), dan minat perilaku menggunakan teknologi (behavioral intention). Model gabungan ini selanjutnya digunakan untuk meneliti penggunaan mobile banking Bank Kalbar.

Penelitian ini selanjutnya akan menjelaskan tentang hubungan antar faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan dan penggunaan mobile banking Bank Kalbar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kausalitas dengan teknik analisis data menggunakan pendekatan PLS. Data diperoleh dari responden yang merupakan nasabah Bank Kalbar pengguna mobile banking dengan menyebarkan kuesioner tertutup. Terdapat 100 sampel penelitian yang dianalisis menggunakan metode PLS dengan software smartPLS.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel technology readiness (X1) berpengaruh signifikan terhadap perceived usefulness (Y1) dan perceived ease of use (Y2), variabel perceived usefulness (Y1) dan perceived ease of use (Y2) berpengaruh signifikan terhadap attitude (Y3) dan berhavioral intention (Y4) dan variabel attitude (Y3) berpengaruh signifikan terhadap berhavioral intention (Y4).

 

Kata Kunci : Technology Readiness, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Attitude, Berhavioral Intention


Full Text:

PDF PDF


DOI: https://doi.org/10.26418/ejme.v7i1.28100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.