ANALISIS PENGARUH KOMPETENSI, INTEGRITAS DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL PERANTARA (Studi pada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Kalimantan Barat)

Berry Harmaily B2041132003

Abstract


Banyak hal yang mempengaruhi kinerja dan kepuasan kerja dari seorang karyawan, diantaranya adalah kompetensi dan integritas yang dimiliki serta budaya organisasi tempat karyawan tersebut bekerja. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tentang kompetensi, integritas dan budaya organisasi, bagaimana pengaruhnya terhadap kepuasan kerja dan kinerja pegawai pada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Kalimantan Barat. Variabel independennya adalah kompetensi, integritas dan budaya organisasi dengan kinerja sebagai variabel dependennya dan kepuasan kerja merupakan variabel perantara. Jumlah sampel adalah pegawai Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Kalimantan Barat. Untuk analisis data digunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan aplikasi program komputer (SPSS 17.0). Di samping itu, dilakukan juga uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji heterokedastisitas dan, uji analisis jalur (path analysis). Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa variable kompetensi, integritas dan budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap variable kepuasan kerja dan kinerja pegawai, sedangkan variable kepuasan kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai.

 

Kata Kunci : kompetensi, integritas, budaya organisasi, kinerja pegawai, kepuasan kerja

Full Text:

PDF PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/ejme.v7i1.27739

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher: Master of Management Program, Faculty of Economics and Business, Universitas Tanjungpura

Editorial Address: Jalan Profesor Doktor Haji Hadari Nawawi,
Kecamatan Pontianak Tenggara, Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78115.

Creative Commons License
Equator Journal of Management and Entrepreneurship is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.