ANALISA STRATEGI PEMASARAN ALAT BERAT (HEAVY EQUIPMENT) CATERPILLAR PADA PT TRAKINDO UTAMA

B11208092 WENI KURNIASARI

Abstract


Berkembangnya bisnis pertambangan khususnya batu bara dan perkebunan seperti kelapa sawit mendongkrak kinerja pelaku pebisnis alat berat. Dalam dunia industri peralatan berat terdapat banyak kompetitor dari pebisnis alat berat lain dengan masing-masing produknya. Selain PT Trakindo Utama sebagai agen tunggal Caterpillar, terdapat pebisnis alat berat lainnya, seperti PT. United Tracktor Tbk berafiliasi dengan Komatsu, PT. Hexindo dengan Hitachi, PT. Intraco Penta dengan Volvo, Kobelco, Hyundai dan Doosen, serta beberapa merek lainnya yang berasal dari Cina. Dalam data penjualan PT Trakindo Utama menempati posisi kedua dalam industri alat berat. Untuk itu diperlukan strategi yang tepat dan sesuai dengan situasi dan kondisi lingkungan eksternal dan internal PT Trakindo Utama.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran pada    PT Trakindo Utama. Dalam penelitian ini penulis manggunakan analisis Evaluasi Faktor Eksternal (EFE), Evaluasi Faktor Internal (EFI), Matriks Internal-Eksternal (IE), dan Matrik Strengths, Weaknesses, Opportunities , Thereats (SWOT).

Hasil penelitian menunjukkan adanya faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi dalam menentukan strategi pemasaran. Posisi perusahaan PT Trakindo Utama di pasar alat berat di Indonesia berada pada kuadran V (jaga dan pertahankan). Strategi yang digunakan adalah strategi  SO (Strength-Opportunities), yaitu strategi yang menggunakan kekuatan yang dimiliki dengan memanfaatkan peluang.

 

Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Evaluasi Faktor Eksternal (EFE), Evaluasi Faktor Internal (EFI), Matriks Internal-Eksternal (IE), Matrik SWOT


Full Text:

PDF Untitled


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/ejme.v1i2.25456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher: Master of Management Program, Faculty of Economics and Business, Universitas Tanjungpura

Editorial Address: Jalan Profesor Doktor Haji Hadari Nawawi,
Kecamatan Pontianak Tenggara, Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78115.

Creative Commons License
Equator Journal of Management and Entrepreneurship is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.