ANALISIS PENGARUH KEAMANAN KERJA DAN KOMPENSASI TERHADAP KEINGINAN BERPINDAH SERTA DAMPAKNYA PADA KINERJA KARYAWAN KONTRAK (Studi Pada PT. Kapuas Media Utama Press Kalimantan Barat)

ARNINDA B2041142002

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh keamanan kerja dan kompensasi terhadap keinginan berpindah serta dampaknya pada kinerja karyawan kontrak PT. Kapuas Media Utama Press Kalimantan Barat. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik nonprobability sampling yaitu sampling jenuh atau sensus sehingga responden dalam penelitian ini seluruh karyawan kontrak yang berjumlah 42 orang.
Penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif untuk mengetahui persepsi umum jawaban responden dari variabel keamanan kerja, kompensasi, keinginan berpindah dan kinerja karyawan. Data diolah dengan menggunakan SPSS Statistics 17.0 dengan jumlah populasi 42 karyawan kontrak PT. Kapuas Media Utama Press Kalimantan Barat. Data kemudian dianalisis dengan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Linearitas, Analisis Path, Uji Signifikansi Koefesien Regresi (F), Uji Signifikansi Koefesien Regresi Secara Parsial (t), Koefisien Determinasi (R2).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase pengaruh variabel keamanan kerja dan kompensasi terhadap variabel keinginan berpindah adalah sebesar 86,1%, sedangkan sisanya sebesar 13,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam model penelitian ini dan persentase pengaruh variabel keamanan kerja, kompensasi dan keinginan berpindah terhadap variabel kinerja karyawan adalah sebesar 84,9%, sedangkan sisanya sebesar 15,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam model penelitian ini.
Kata Kunci : Keamanan Kerja, Kompensasi, Keinginan Berpindah dan Kinerja Karyawan


Full Text:

PDF PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/ejme.v5i4.21082

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher: Master of Management Program, Faculty of Economics and Business, Universitas Tanjungpura

Editorial Address: Jalan Profesor Doktor Haji Hadari Nawawi,
Kecamatan Pontianak Tenggara, Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78115.

Creative Commons License
Equator Journal of Management and Entrepreneurship is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.