PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KEPUASAN KERJATERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL SERTA DAMPAKNYA PADA KINERJA PEGAWAI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SAMBAS

HERMI B2042142004

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh budaya organisasi dan kepuasaan kerja terhadap komitmen organisasional serta dampaknya pada kinerja pegawai Rumah Sakit Umum Daerah Sambas. Bentuk penelitian ini adalah menggunakan deskriptif dengan pendekatan kausal komparatif. Pengumpulan data menggunakan data primer berupa kuisioner dan wawancara dan data sekunder berupa data yang bersumber dari Rumah Sakit Umum Daerah Sambas.Sampel menggunakan random. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 107 responden yang ada pada Rumah Sakit Umum Daerah Sambas.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa budaya organisasi dan kepuasaan kerja berpengaruh terhadap komitmen organisasional. Kedua budaya organisasi, kepuasaan kerja dan komitmen organisasional berpengaruh terhadap kinerja. pegawai Rumah Sakit Umum Daerah Sambas.

Kata Kunci : Budaya Organisasi, Kepuasaan Kerja, Komitmen Organisasional dan Kinerja Pegawai


Full Text:

PDF PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/ejme.v5i3.20386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher: Master of Management Program, Faculty of Economics and Business, Universitas Tanjungpura

Editorial Address: Jalan Profesor Doktor Haji Hadari Nawawi,
Kecamatan Pontianak Tenggara, Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78115.

Creative Commons License
Equator Journal of Management and Entrepreneurship is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.