PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA KOMPETITIF DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL BEKAS DI PONTIANAK
Abstract
Perilaku pembelian seseorang terhadap suatu produk dipengaruhi banyak faktor. Tiap individu mempunyai keinginan dan selera yang berbeda-beda. Untuk memahami pembuatan keputusan konsumen, harus dipahami sifat-sifat keterlibatan konsumen dengan produk. Banyak faktor dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, tetapi dalam penelitian ini dianalisis melalui kualitas produk, harga kompetitif dan citra merek.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas produk, harga kompetitif dan citra merek terhadap keputusan pembelian mobil bekas di Pontianak. Metode penelitian ini adalah kausal-asosiatif, karena penelitian ini bermaksud menjelaskan variabel-variabel melalui pengujian hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Populasi penelitian ini adalah konsumen mobil bekas di CV Empat Saudara, dengan teknik pengambilan sampel sampling purposive dengan sampel penelitian berjumlah 80 orang. Data di analisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh variabel independen yaitu kualitas produk, harga kompetitif dan citra merek mempunyai hubungan yang positif sejalan terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa ketiga variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian. Kemudian melalui uji f dapat diketahui bahwa secara bersama ketiga variabel tersebut mempengaruhi keputusan pembelian. Angka adjusted R square sebesar 0,605 menunjukkan bahwa variabel independen dapat menjelaskan 60,5% keputusan pembelian.
Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga Kompeititif, Citra Merek dan Keputusan Pembelian
DOI: https://doi.org/10.26418/ejme.v5i3.20372
Refbacks
- There are currently no refbacks.