ANALISIS PENGARUH KOMPENSASI, HUBUNGAN INTERPERSONAL DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI DAN KINERJA KARYAWAN-KARYAWATI RUMAH SAKIT SANTA ELISABETH SAMBAS

Bonefasius Bone B11211019

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran pengaruh kompensasi, hubungan interpersonal dan lingkungan kerja terhadap motivasi berprestasi dan kinerja karyawan/wati yang bekerja di Rumah Sakit Santa Elisabeth Sambas. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah survey atau pengamatan.

Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 70 orang karyawan/wati yang bekerja di Rumah Sakit Santa Elisabeth Sambas, Kalimantan Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan mengisi pertanyaan yang ada di dalam kuesioner penelitian.

Di dalam penelitian ini ada dua kelompok variabel, yaitu variabel bebas (X), yaitu kompensasi (X1), hubungan interpersonal (X2) dan lingkungan kerja (X3), serta variabel terikat (Y) yaitu motivasi berprestasi (Y1) dan kinerja (Y2).

Untuk menilai korelasi dan regresi dari variabel-variabel yang ada digunakan metode analisa regresi linier SPSS sebagai alat uji.

Sesuai dengan hasil analisis regresi didapatkan : variabel kompensasi, hubungan interpersonal dan lingkungan kerja secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi berprestasi dan kinerja karyawan/wati Rumah Sakit Santa Elisabeth Sambas. Secara parsial motivasi berprestasi memilik pengaruh yang lebih besar dari variabel lainnya terhadap kinerja karyawan/wati Rumah Sakit Santa Elisabeth Sambas.

Kata kunci : Kompensasi, hubungan interpersonal, lingkungan kerja, motivasi berprestasi, kinerja.

Full Text:

PDF PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/ejme.v1i1.1884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher: Master of Management Program, Faculty of Economics and Business, Universitas Tanjungpura

Editorial Address: Jalan Profesor Doktor Haji Hadari Nawawi,
Kecamatan Pontianak Tenggara, Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78115.

Creative Commons License
Equator Journal of Management and Entrepreneurship is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.