MANAJEMEN ROTASI TERHADAP PENGAYAAN PEKERJAAN DAN KEBOSANAN KERJA PEGAWAI BAGIAN UMUM DI SELURUH SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH (SKPD) KABUPATEN BENGKAYANG

AGUSTINUS. C B2042132024

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh manajemen rotasi kerja terhadap manajemen pengayaan pekerjaan, pengaruh manajemen pengayaan pekerjaan terhadap manajemen kebosanan kerja, dan pengaruh manajemen rotasi kerja terhadap manajemen kebosanan kerja pada pegawai di bagian umum Kabupaten Bengkayang.

Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif yang menggunakan Explanatory Research. Objek penelitian pada Bagian Umum di Seluruh SKPD Kabupaten Bengkayang dan merupakan penelitian populasi. Data yang diperoleh dikumpulkan dan dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS (Statistical Package for the Social Sciences). Sebelum penelitian dilakukan, perlu dilakukan pengujian terhadap validitas dan reliabilitas daftar pertanyaan kuisioner yang digunakan. Analisis data menggunakan analisis jalur (Path Analysis).

Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara manajemen rotasi dengan pengayaan kerja (H1). Terdapat pengaruh yang signifikan antara pengayaan kerja dengan kebosanan kerja (H2). Terdapat pengaruh yang signifikan antara manajemen rotasi dengan kebosanan kerja (H3) pada Bagian Umum di Seluruh SKPD Kabupaten Bengkayang. Hasil perhitungan Koefisien Determinasi Total (Rm2) nilai sebesar 0,98 atau dengan kata lain bahwa keragaman data yang dapat dijelaskan oleh model analisis jalur dalam penelitian ini adalah sebesar 98%, sedangkan sisanya yaitu 2% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam model dan error.

Kata Kunci : Manajemen Rotasi, Pengayaan Kerja, Kebosanan Kerja

Full Text:

PDF Untitled ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/ejme.v5i1.17122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher: Master of Management Program, Faculty of Economics and Business, Universitas Tanjungpura

Editorial Address: Jalan Profesor Doktor Haji Hadari Nawawi,
Kecamatan Pontianak Tenggara, Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78115.

Creative Commons License
Equator Journal of Management and Entrepreneurship is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.