PENGARUH IKLIM ORGANISASI, KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASIONAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI (Srudi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pontianak)

EMAN YEFTIANA AGUNG WALUYO B2041132008

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklim organisasi, kepuasan kerja dan komitmen organisasional terhadap kinerja pegawai. Variabel endogen pada penelitian ini adalah kinerja pegawai dan variabel endogen perantara adalah kepuasan kerja dan komitmen organisasional. Untuk variabel eksogen pada penelitian ini adalah iklim organisasi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sampel 75 orang pegawai KPP Pratama Pontianak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif  dengan bentuk penelitian survei dengan alat pengumpul data utama menggunakan kuesioner. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sensus dimana seluruh populasi menjadi sampel. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur (Path Analysis) dengan bantuan software SPSS for Windows 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklim organisasi, kepuasan kerja dan komitmen organisasional berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai.

Kata Kunci : Iklim Organisasi, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasional dan Kinerja Pegawai

Full Text:

PDF Untitled ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/ejme.v4i4.16020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher: Master of Management Program, Faculty of Economics and Business, Universitas Tanjungpura

Editorial Address: Jalan Profesor Doktor Haji Hadari Nawawi,
Kecamatan Pontianak Tenggara, Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78115.

Creative Commons License
Equator Journal of Management and Entrepreneurship is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.