PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP SATISFACTION PASIEN RAWAT INAP PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DOKTER SOEDARSO PONTIANAK

ARIS HADI MARTANTO B2041132002

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tanggapan responden terhadap variabel aquire, enhance, retaian dan kepuasan pasien dan untuk mengetahui pengaruh dari acquire, retain dan enhance terhadap terhadap kepuasan (satisfaction) pasien rawat inap pada Rumah Sakit Umum Daerah Dokter Soedarso Pontianak. Penelitian menggunakan metode assosiatif  atau desain kausal. Jumlah responden sebanyak 100 orang. Teknik analisa data menggunakan regresi linier berganda. Sebelum dilakukan analisis regresi linier maka terlebih dahulu dilakukan uji instrument dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan responden terhadap acquire adalah sangat tinggi, terhadap variabel enhance adalah tinggi, terhadap variabel retain adalah tinggidan tanggapan responden terhadap variabel satisfaction adalah tinggi. Hasil analisis secara parsial dapat disumpulkan bahwa variabel acquire berpengaruh positif dan signifikan terhadap satisfactian pasien rawat inap pada RSUD Dokter Soedarso Pontianak, variabel enhance berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap satisfactian pasien rawat inap pada RSUD Dokter Soedarso Pontianak, variabel retain berpengaruh positif dan signifikan terhadap satisfactian pasien rawat inap pada RSUD Dokter Soedarso Pontianak. Hasil uji secara simultan dapat disimpulkan bahwa variabel acquire, enhance dan retain terhadap satisfactian pasien rawat inap pada RSUD Dokter Soedarso Pontianak.

Kata Kunci : Acquire, Retain, Enhance, Satisfaction

Full Text:

PDF Untitled ()


DOI: https://doi.org/10.26418/ejme.v4i4.16014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.