ANALISIS PENGELOLAAN PENDAPATAN PAJAK HOTEL, RESTORAN, DAN REKLAME DALAM MENUNJANG PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN LANDAK

HENNY HENDRIKA B2042131017

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolan pajak hotel, pajak restoran dan pajak reklame dalam menunjang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Landak yang dianalisis secara simultan untuk ketiga jenis pajak tersebut.  Rumusan masalah yang diajukan adalah bagaimana pengelolaan pajak hotel, restoran, dan reklame  dalam menunjang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Landak. Fokus  masalah yang akan diteliti pada penelitian ini  adalah Bagaimana perkembangan, kontribusi dan strategi  pajak hotel, restoran, dan reklame  Kabupaten Landak. Penelitian ini merupakan penelitian analisis deskriptif melalui teknik observasi, wawancara dan studi dokumenter dengan menggunakan metode analisis fungsi manajemen POAC yang dikemukakan oleh George R. Terry  yaitu: Perencanaan (planning), Pengorganisasian (organizing), Penggerakan (actuating) dan Pengawasan (controlling) serta  metode analisa SWOT. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pajak hotel, restoran, dan reklame yang terjadi sudah cukup baik, hal ini meiputi aspek-aspek perencanaan, pengorganisasian, penggerakan maupun pengawasan dan juga dibuktikan dengan adanya peningkatan penerimaan pajak setiap tahunnya. Perkembangan sektor pajak ini juga telah berkontribusi cukup besar terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Landak. Deskripsi analisis SWOT dalam menentukan sasaran strategis untuk menunjang PAD yang akan dicapai daintaranya adalah : a. meningkatkan jumlah wajib pajak b. Meningkatkan pembinaan profesionalisme pegawai. c. Menciptakan sistem pajak daerah yang tertib dan pelaporan yang akuntabel.

Kata Kunci : Pajak, Hotel, Restoran, Reklame dan PAD

Full Text:

PDF Untitled ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/ejme.v4i3.15196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher: Master of Management Program, Faculty of Economics and Business, Universitas Tanjungpura

Editorial Address: Jalan Profesor Doktor Haji Hadari Nawawi,
Kecamatan Pontianak Tenggara, Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78115.

Creative Commons License
Equator Journal of Management and Entrepreneurship is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.