ANALISIS PENGELOLAAN PENDAPATAN PAJAK HOTEL, RESTORAN, DAN REKLAME DALAM MENUNJANG PENDAPATAN ASLI DAERAH KABUPATEN LANDAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolan pajak hotel, pajak restoran dan pajak reklame dalam menunjang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Landak yang dianalisis secara simultan untuk ketiga jenis pajak tersebut. Rumusan masalah yang diajukan adalah bagaimana pengelolaan pajak hotel, restoran, dan reklame dalam menunjang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Landak. Fokus masalah yang akan diteliti pada penelitian ini adalah Bagaimana perkembangan, kontribusi dan strategi pajak hotel, restoran, dan reklame Kabupaten Landak. Penelitian ini merupakan penelitian analisis deskriptif melalui teknik observasi, wawancara dan studi dokumenter dengan menggunakan metode analisis fungsi manajemen POAC yang dikemukakan oleh George R. Terry yaitu: Perencanaan (planning), Pengorganisasian (organizing), Penggerakan (actuating) dan Pengawasan (controlling) serta metode analisa SWOT. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pajak hotel, restoran, dan reklame yang terjadi sudah cukup baik, hal ini meiputi aspek-aspek perencanaan, pengorganisasian, penggerakan maupun pengawasan dan juga dibuktikan dengan adanya peningkatan penerimaan pajak setiap tahunnya. Perkembangan sektor pajak ini juga telah berkontribusi cukup besar terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Landak. Deskripsi analisis SWOT dalam menentukan sasaran strategis untuk menunjang PAD yang akan dicapai daintaranya adalah : a. meningkatkan jumlah wajib pajak b. Meningkatkan pembinaan profesionalisme pegawai. c. Menciptakan sistem pajak daerah yang tertib dan pelaporan yang akuntabel.
Kata Kunci : Pajak, Hotel, Restoran, Reklame dan PAD
DOI: https://doi.org/10.26418/ejme.v4i3.15196
Refbacks
- There are currently no refbacks.