PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH KPR PADA PT. BANK BNI SYARIAH CABANG PONTIANAK

HERMA WINDA B2041132034

Abstract


Produk Griya IB Hasanah merupakan produk pembiayaan KPR yang diberikan oleh PT. Bank BNI Syariah kepada nasabah PT. Bank BNI Syariah yang ingin mengajukan KPR. Hal tersebut dikarenakan perumahan merupakan kebutuhan utama manusia selain pakaian dan makanan. Tiap manusia membutuhkan rumah untuk tempat berlindung dan sebagai tempat berkumpul dan berlangsungnya aktivitas keluarga, sekaligus sebagai sarana investasi. Selain itu ditunjang pembangunan perumahan mengalami peningkatan setiap tahunnya, hal tersebut dikarenakan tingginya tingkat permintaan masyarakat akan kebutuhan kepemilikan perumahan. Berdasarkan hal tersebut, pihak perbankan mulai mengembangkan salah satu produk pada jenis Kredit Konsumtif, yaitu fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan nama Griya IB Hasanah.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah KPR pada PT. Bank BNI Syariah Cabang Pontianak. Metode penelitian ini adalah deskriptif menggunakan pendekatan kausal komparatif. Pengumpulan data menggunakan data primer berupa kuisioner dan wawancara dan data sekunder berupa data yang bersumber dari nasabah PT. Bank BNI Syariah Cabang Pontianak. Sampel menggunakan sampling sensus. Sampel dalam penelitian ini adalah nasabah PT. Bank BNI Syariah Cabang Pontianak sebanyak 127 orang.

Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah KPR pada PT. Bank BNI Syariah Cabang Pontianak

Kata Kunci : Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah

Full Text:

PDF Untitled ()


DOI: https://doi.org/10.26418/ejme.v4i3.15183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Slot Gacor