ANALISIS PENGARUH KUALITAS INTERAKSI, KUALITAS LINGKUNGAN FISIK DAN HASIL TERHADAP LOYALITAS PASIEN DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL PERANTARA (STUDI PADA RUMAH SAKIT ANTON SOEDJARWO PONTIANAK)
Abstract
Telah dilakukan penelitian terhadap analisis pengaruh kualitas interaksi, kualitas lingkungan fisik dan hasil terhadap loyalitas pasien dengan kepuasan sebagai variabel perantara, studi dilakukan pada rumah sakit Anton Soedjarwo Pontianak. Metodelogi yang digunakan adalah deskriptif dengan melakukan survey pada pasien rawat inap dengan jumlah responden sebanyak 100 yang dilakukan dengan sistem purposive samping.
Analisa data dengan analisa SEM (structural equation modeling) dimana program yang digunakan untuk analisis adalah SPSS dan Lisrel 8.8. Setelah dianalisa, hasilnya menunjukkan bahwa kualitas Interaksi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien dengan nilai t hitung 0,58 dan nilai t tabel 1,66. Kualitas lingkungan fisik berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien dengan nilai t hitung 1,87 dan nilai t tabel 1,66. Kualitas hasil tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien dengan nilai t hitung 0,43 dan nilai t tabel 1,66. Kualitas interaksi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien dengan nilai t hitung 2,5 dan nilai t tabel 1,66. Kualitas lingkungan fisik tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien dengan nilait hitung -1,18 dan nilai t tabel 1,66. Kualitas hasil tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien dengan nilai t hitung -0,66 dan nilai t tabel 1,66. Kepuasan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien dengan nilai t hitung 2,93 dan nilai t tabel 1,66.
Kata Kunci : Interaksi, Lingkungan fisik, Hasil, Kepuasan dan Loyalitas Pasien.
DOI: https://doi.org/10.26418/ejme.v4i2.13562
Refbacks
- There are currently no refbacks.