ANALISIS PENGARUH KUALITAS INTERAKSI, KUALITAS LINGKUNGAN FISIK DAN HASIL TERHADAP LOYALITAS PASIEN DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL PERANTARA (STUDI PADA RUMAH SAKIT ANTON SOEDJARWO PONTIANAK)

RAZIMIN B11212121

Abstract


Telah dilakukan penelitian terhadap analisis pengaruh kualitas interaksi, kualitas lingkungan fisik dan hasil terhadap loyalitas pasien dengan kepuasan sebagai variabel perantara, studi dilakukan pada rumah sakit Anton Soedjarwo Pontianak. Metodelogi yang digunakan adalah deskriptif dengan melakukan survey pada pasien rawat inap dengan jumlah responden sebanyak 100 yang dilakukan dengan sistem purposive samping.

Analisa data dengan analisa SEM (structural equation modeling) dimana program yang digunakan untuk analisis adalah SPSS dan Lisrel 8.8. Setelah dianalisa, hasilnya menunjukkan bahwa kualitas Interaksi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien dengan nilai t hitung 0,58 dan nilai t tabel 1,66. Kualitas lingkungan fisik berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien dengan nilai t hitung 1,87 dan nilai t tabel 1,66. Kualitas hasil tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien dengan nilai t hitung 0,43 dan nilai t tabel 1,66. Kualitas interaksi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien dengan nilai t hitung 2,5 dan nilai t tabel 1,66. Kualitas lingkungan fisik tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien dengan nilait hitung -1,18 dan nilai t tabel 1,66. Kualitas hasil tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien dengan nilai t hitung -0,66 dan nilai t tabel 1,66. Kepuasan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien dengan nilai t hitung 2,93 dan nilai t tabel 1,66.

Kata Kunci : Interaksi, Lingkungan fisik, Hasil, Kepuasan dan Loyalitas Pasien.

Full Text:

PDF Untitled ()


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/ejme.v4i2.13562

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher: Master of Management Program, Faculty of Economics and Business, Universitas Tanjungpura

Editorial Address: Jalan Profesor Doktor Haji Hadari Nawawi,
Kecamatan Pontianak Tenggara, Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78115.

Creative Commons License
Equator Journal of Management and Entrepreneurship is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.