PENGARUH EFEKTIFITAS PELATIHAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN DINAS PEMUDA DAN OLAHRAGA PROVINSI KALIMANTAN BARAT

Yefrizal B11211083

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang efektifitas pelatihan terhadap kinerja Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Barat. Disamping itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh efektifitas pelatihan terhadap kinerja Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Barat. Variabel efektifitas pelatihan dalam penelitian ini terdiri dari 4 sub variabel yaitu reaksi, belajar, perilaku dan hasil. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Metode Assosiatif atau desain kausal.

Populasi dalam penelitian ini adalah Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Barat berjumlah 70 orang, besar sampel berjumlah 30 orang.

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan realibitasnya. Pengukuran terhadap variabel-variabel yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Pengukuran terhadap variabel-variabel dijabarkan dalam item-item pernyataan yang merujuk pada skala likert, dengan kisaran skor antara 1 5. Sub variabel reaksi (X1) Sub variabel belajar (X2) Sub variabel (X3). Sub variabel hasil (X4), sedangkan variabel terikatnya adalah Kinerja (Y).

Hasil analisis Assosiatif atau desain kausal menunjukkan bahwa program pelatihan yang dilaksanakan dan kinerja Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Barat secara umum sudah baik dan hasil pengujian statistic menunjukkan bahwa sub variabel reaksi dan hasil berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil. Sedangkan sub variabel belajar dan perilaku tidak terbukti berpengaruh terhadap kinerja.

Kata Kunci : Efektifitas Pelatihan, Komitmen Organisasi untuk mencapai hasil yang maksimal.


Full Text:

PDF PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/ejme.v1i1.1339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher: Master of Management Program, Faculty of Economics and Business, Universitas Tanjungpura

Editorial Address: Jalan Profesor Doktor Haji Hadari Nawawi,
Kecamatan Pontianak Tenggara, Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78115.

Creative Commons License
Equator Journal of Management and Entrepreneurship is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.