ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI TUKAR RUPIAH TERHADAP DOLLAR AMERIKA

Purnomo Edi Achmad Meisuri B11211063

Abstract


Penelitian ini ditujukan untuk menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi nilai tukar mata uang rupiah terhadap dollar Amerika. Variabel independen dalam penelitian ini adalah rasio inflasi, rasio tingkat suku bunga dan harga minyak mentah dunia. Variabel terikatnyanya adalah nilai tukar mata uang rupiah terhadap dollar Amerika.

Data yang digunakan adalah data sekunder. Data diperoleh dari website Bank Indonesia, International Finance Statistic dan jurnal-jurnal. Periode penelitian dari Bulan Januari 2005 sampai dengan Desember 2011. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan analisa regresi berganda.

Hasil dari t test menunjukkan bahwa inflasi tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap perubahan nilai tukar mata uang rupiah terhadap dollar Amerika, suku bunga riil mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perubahan nilai tukar mata uang rupiah terhadap dollar Amerika, dan harga minyak mentah dunia mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perubahan nilai tukar mata uang rupiah terhadap dollar Amerika. Hasil dari uji F menunjukkan bahwa inflasi, suku bunga riil dan harga minyak mentah dunia mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perubahan nilai tukar mata uang rupiah terhadap dollar Amerika secara simultan pada periode 2005-20011. Adjusted R square meunjukkan nilai 0,424 yang berarti bahwa independen variabel dalam penelitian ini mampu menjelaskan variasi yang terjadi pada variabel dependen, dan 57,6% ditentukan oleh variabel lainnya.

Keywords : nilai tukar, inflasi, suku bunga, harga minyak mentah


Full Text:

PDF PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/ejme.v1i1.1158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

Publisher: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tanjungpura

Editorial Address: Jalan Profesor Dokter Haji Hadari Nawawi,
Kecamatan Pontianak Tenggara, Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78115.

Creative Commons License
Equator Journal of Management and Entrepreneurship is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.