ANALISIS PENGETAHUAN KONSUMEN TERHADAP NIAT MENJADI NASABAH (STUDI EMPIRIK PADA BANK KALBAR SYARIAH CABANG PONTIANAK)
Abstract
Islam sebagai agama rahmatan lil ‘alamin bertujuan agar seluruh umat manusia tanpa terkecuali memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat. Perbankan Syariah sebagai bagian muamalah Islam, selama 10 tahun terakhir telah mengalami pertumbuhan yang pesat dan berkembang menjadi alternatif pilihan bagi masyarakat Indonesia selain perbankan konvensional. Selain bersaing dengan sesama perbankan syariah, mereka juga beradu strategi dengan perbankan konvensional. Semakin banyak informasi yang dimiliki konsumen tentang suatu produk perbankan khususnya pengetahuan perbankan syariah maka bank tersebut berpeluang besar untuk memenangkan persaingan.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran pengetahuan konsumen konsumen terhadap niat menjadi nasabah pada Bank Kalbar Syariah Cabang Pontianak. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan teknik survey terhadap 120 nasabah Bank Kalbar Syariah Cabang Pontianak. Teknik analisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan regresi linear berganda. Metode statistik menggunakan komputer dengan software SPSS 17.
Hasil empiris menunjukkan bahwa pengetahuan konsumen tentang karakteristik produk perbankan syariah berpengaruh signifikan terhadap niat seseorang untuk menjadi nasabah suatu perbankan syariah.
Kata Kunci : Pengetahuan Konsumen tentang Karakteristik Produk, Pengetahuan Konsumen tentang Manfaat Produk, Pengetahuan Konsumen tentang Produk sebagai Pemuas Nilai, Niat
DOI: https://doi.org/10.26418/ejme.v3i4.10693
Refbacks
- There are currently no refbacks.