PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KINERJA PRODUK DAN KINERJA SDM TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PT. ASURANSI JIWA DI KABUPATEN SINTANG
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan, kinerja produk, dan kinerja sumber daya manusia terhadap kepuasan konsumen/nasabah pada PT. Asuransi Jiwa di Kabupaten Sintang Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Diperoleh jumlah sampel sebanyak 94 responden. Teknik analisa data yang digunakan adalah regresi linier berganda untuk mengetahui hubungan yang mengungkapkan pengaruh antara variabel independen terhadap variabel dependen dengan menggunakan SPSS versi 17.0. Selama periode pengamatan menunjukan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Berdasarkan uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, dan uji validitas dan reliabilitas tidak ditemukan variabel yang menyimpang dari asumsi klasik. Hal ini menunjukkan data yang tersedia telah memenuhi syarat menggunakan model persamaan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan yang terdiri dari Bukti Fisik (Tangible), Empati (Empathy), daya tanggap (Responsiveness), dan Jaminan (Assurance) berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen/nasabah, namun hanya bukti fisik dan empati yang berpengaruh secara signifikan. Variabel Kinerja Produk dan kinerja SDM berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen/nasabah, namun hanya kinerja produk yang berpengaruh secara signifikan. Variabel Kemampuan prediksi dari ketiga variabel tersebut terhadap kepuasan konsumen/nasabah dalam penelitian ini sebesar 97,3%, sedangkan sisanya 2,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam penelitian.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kinerja Produk dan Kinerja SDM PT. Asuransi Jiwa, Kepuasan Konsumen
DOI: https://doi.org/10.26418/ejme.v3i4.10300
Refbacks
- There are currently no refbacks.