TAMAN GITANANDA PONTIANAK

Winda Bong

Abstract


Taman Gitananda merupakan taman publik milik Pemerintah Daerah Kota Pontianak. Pihak Pemerintah Daerah memberikan hak kelola kepada Yayasan Bina Para Muda Khatulistiwa untuk mengelola taman ini. Taman ini dikhususkan untuk pendidikan dan tumbuh kembang anak usia balita, madya hingga remaja. Tujuan taman ini adalah untuk meningkatkan fisik, mental, intelektual, kepribadian, dan sosial anak. Taman ini akan difungsikan sebagai taman kota yang aman, nyaman dan fungsioanal serta dapat menampung kreatifitas anak.  Metode pengkajian yang digunakan terdiri dari kajian literatur (Sejarah dan Teori Arsitektur, Bentuk, Ruang dan Susunan, Arsitektur Prilaku, Struktur, Arsitektur Lingkungan, dan Utilitas), metode pengumpulan data (studi pustaka dan studi lapangan), analisis data dan diagram alir pikir. Pendekatan konsep yang diambil adalah pendekatan “Perkembangan Anak”. Aspek-aspek perkembangan terdiri dari perkembangan Fisik-Motorik (Psikomotorik), Kognitif-Intelektual, Emosi dan Sosial. Aspek-aspek tersebut diterapkan melalui perletakan zoning, penggunaan warna, material, dan elevasi lantai.  Aspek tersebut tetap memperhatikan landasan pengendalian taman bermain anak yang meliputi: keselamatan, kesehatan, kenyamanan, kemudahan, keamanan dan keindahan.

 

Kata Kunci: Taman Gitananda, Perkembangan Anak

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jmars.v2i2.8630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial Office/Publisher Address:
Department of Architecture, Faculty of Engineering, Universitas Tanjungpura Pontianak, Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Pontianak, 78124, Kalimantan Barat, Indonesia. 

Email: jmars@untan.ac.id