MA’HAD Al-Ayman Pontianak

Achmad Suhartono

Abstract


Ma’had  Al-Ayman merupakan salah satu wadah pendidikan Islam yang berlandaskan Al-Qur’an dan sunnah Nabi shalallahu ’alaihi wa sallam yang mana di dalamnya dipelajari beberapa ilmu Islam dasar.  Pada awalnya Ma’had  ini hanya wadah bagi beberapa mahasiswa yang kuliah di Timur Tengah untuk memperkenalkan ajaran Islam. Namun, seiring waktu berjalan kebutuhan masyarakat akan ilmu yang disampaikan kian bertambah pesat, sehingga didirikanlah Ma’had  Al-Ayman tersebut. Hingga saat ini, minat masyarakat untuk bergabung dan menuntut ilmu disana semakin meningkat pesat. Maka dari itu hadirlah perancangan Ma’had  Al-Ayman. Dalam proses perancangan Mahad Al-Ayman, terdapat beberapa langkah yang digunakan yakni dimulai dengan satu gagasan, pengumpulan data, analisis, rancangan awal hingga pengembangan rancangan. Bentuk masa diambil dari pendekatan fungsi Ma’had  yang disesuaikan dengan kegiatan bagi tholib dan tholibah. Tujuan penulisan adalah memaparkan konsep dan perancangan Ma’had  Al-Ayman agar dapat memenuhi kebutuhan pelaksanaan program-program pembelajaran di lingkungan Ma’had . Terdiri dari dua masa bangunan dengan masjid sebagai tempat berkumpul seluruh kegiatan dalam masa tertentu.

 

Kata kunci: Ma’had , Al-Ayman, Pontianak


Full Text:

PDF PDF

References


Attamimi, Muhammad. 2018. Ushul Tsalatsah: 3 Prinsip Pokok Agama Islam. Media Tarbiyah

Dhofier, Zamakhsyari. 1982. Tradisi Pesantrean. LP3ES. Jakarta

Frick, Heinz; Antonius Ardiyanto; AMS Darmawan. 2008. Ilmu Fisika Bangunan. Penerbit Kanisius. Yogyakarta

Juwana. 2005. Panduan Sistem Bangunan Tinggi untuk Arsitek dan Praktisi Bangunan. Erlangga. Jakarta

Satwiko, Prasasto. 2009. Fisika Bangunan. Andi. Yogyakarta

Sulaiman, Rusydi. 2016. Pendidikan Pondok Pesantren: Institusionalisasi Kelembagaan Pendidikan Pesantren. ‘Anil Islam: Jurnal Kebudayaan dan Ilmu Keislaman Volume 9 Nomor 1 148-174. Madura

المكتبة الشرقية ساحة النجمة. 1986. المنجد في اللغة و الأعلام. Dar El-Mashreq. Beirut




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jmars.v8i1.40143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial Office/Publisher Address:
Department of Architecture, Faculty of Engineering, Universitas Tanjungpura Pontianak, Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Pontianak, 78124, Kalimantan Barat, Indonesia. 

Email: [email protected]