PONTIANAK DAY CARE AND PRE-SCHOOL
Abstract
Dewasa ini, era globalisasi yang terjadi membuat pola kehidupan pada keluarga modern masa kini berbeda dengan zaman dulu. Pendidikan anak usia dini di Indonesia mulai menjadi salah satu aspek penting bagi anak yang semakin disadari oleh sebagian besar orang tua. Keberadaan day care dan pre-school sangat dibutuhkan guna membantu para orang tua yang bekerja dalam mengasuh, menjaga, dan memberikan pendidikan saat ini. Pontianak Day Care and Pre-School berfokus pada fungsi pengasuhan dan pendidikan. Prinsip bermain sambil belajar diangkat sebagai tema karena cara belajar anak yang paling efektif adalah dengan bermain. Secara alamiah, bermain dapat memotivasi anak untuk mengetahui segala sesuatu lebih mendalam dan secara spontan mengembangkan kemampuan berbahasanya. Oleh karena itu, dibutuhkan kualitas suasana ruang yang memadai dan sesuai kebutuhan bagi perkembangan anak-anak. Konsep bermain sambil belajar ini diterapkan melalui pengembangan ide dalam semua aspek. Bangunan ini didirikan dengan pembagian dua massa yang berbentuk awal lingkaran. Bentuk lingkaran dipilih karena bersifat dinamis dan terpusat. Selain itu, bentuk lingkaran juga dimaksudkan untuk meminimalisir sudut tajam sehingga aman bagi aktivitas anak yang cenderung aktif. Pontianak Day Care and Pre-School diharapkan dapat mewadahi seluruh kegiatan anak dalam mendapatkan pendidikan dan pengasuhan secara menyenangkan, aman, dan nyaman.
Kata kunci: Penitipan Anak, Pra Sekolah, Pendidikan Anak Usia Dini
References
Astrini, Wulan. 2005. Pengaruh Interior Ruang Belajar dan Bermain Terhadap Kognitif. Jurnal Dimensi Interior Vol.3 No.1. Malang
Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Kementerian Pendidikan Nasional. 2011. Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Taman Penitipan Anak. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Kementerian Pendidikan Nasional. Jakarta
General Services Administration. 2003. Child Care Center Design Guide. Public Building Services. New York
Patmonodewo, Soemiarti. 2003. Pendidikan Anak Pra Sekolah. Rineka Cipta. Jakarta
Piaget, Jean. 1950. Psikologi Perkembangan. PT Remaja Rosdakarya. Bandung
Sekretariat Negara Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sekretariat Negara Republik Indonesia. Jakarta
Sumantri. 2005. Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Dinas Pendidikan. Jakarta
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jmars.v8i1.39905
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Office/Publisher Address:
Department of Architecture, Faculty of Engineering, Universitas Tanjungpura Pontianak, Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Pontianak, 78124, Kalimantan Barat, Indonesia.
Email: jmars@untan.ac.id