PERPUSTAKAAN UMUM DI KABUPATEN KAPUAS HULU

Aniza Febriani

Abstract


Berlandas pada pasal 3 dan 4 UU No.43 tahun 2007 tentang perpustakaan disebutkan bahwa perpustakaan berfungsi sebagai wahana pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi untuk meningkatkan kecerdasan dan keberdayaan bangsa. Sehingga keberadaan perpustakaan sangat dibutuhkan di setiap daerah. Di Kabupaten Kapuas Hulu, minat baca masyarakatnya masih sangat minim hal ini disebabkan oleh Kabupaten Kapuas Hulu belum memiliki bangunan khusus perpustakaan umum berstandar kabupaten/kota dengan fasilitas penunjang yang dapat menarik minat masyarakat. Adapun tujuan tugas akhir ini adalah untuk merancang bangunan dengan melihat aspek fungsi, lingkungan, estetika dengan memperhatikan potensi yang dimiliki sehingga tercipta sebuah rancangan yang dapat menampung kegiatan masyarakat di sebuah bangunan Perpustakaan umum di Kabupaten Kapuas Hulu. Metode yang digunakan untuk mengkaji data yang berkaitan dengan Perpustakaan Umum di Kabupaten Kapuas Hulu yaitu melalui pengumpulan data atau survei, kemudian dianalisis untuk mendapatkan konsep desain. Berlokasi di Jalan Antasari Putussibau, kawasan perkantoran milik Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu dengan luas lahan 4.060 meter persegi. Area tersebut dibuat sebuah bangunan perpustakaan umum dengan standar pemerintah daerah tipe c dengan konsep yang rekreatif. Dilengkapi dengan fasilitas seperti free wifi area dan taman agar konsep membaca terasa lebih menarik bagi masyarakat.

 

Kata kunci: Perpustakaan Umum, Tipe C, Membaca, Kapuas Hulu

 


Full Text:

PDF PDF

References


Badan Standardisasi Nasional. 2009. SNI 7495, 2009:2 tentang Perpustakaan Umum. Badan Standardisasi Nasional. Jakarta

Basuki, S. 1991. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Sekretariat Negara Republik Indonesia. 2007. Undang-Undang No.43 tahun 2007 tentang Perpustakaan. Sekretariat Negara Republik Indonesia. Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jmars.v7i2.38959

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial Office/Publisher Address:
Department of Architecture, Faculty of Engineering, Universitas Tanjungpura Pontianak, Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Pontianak, 78124, Kalimantan Barat, Indonesia. 

Email: [email protected]