PONTIANAK BASKETBALL ARENA TIPE C DI KOTA PONTIANAK

Arijuddin Fahruna

Abstract


Olahraga bola basket adalah olahraga bola berkelompok yang terdiri atas dua tim beranggotakan masing-masing lima orang yang saling bertanding mencetak poin dengan memasukkan bola ke dalam keranjang lawan. Pada permasalahan yang terjadi di Gedung Olahraga di Kota Pontianak maka diperlukannya sebuah konsep yaitu natural konsep, pada penerapan konsep natural diharapkan bangunan basketball arena dapat menyelesaikan suatu permasalahan yang ada sekarang. Merancang bangunan Pontianak Basketball Arena tipe c dengan konsep natural serta memperhatikan kebutuhan yang ada pada masyarakat dan menciptakan Basketball Arena yang dapat beradaptasi dengan cahaya matahari yang masuk ke dalam bangunan tanpa mengganggu permainan olahraga didalamnya serta memberikan sirkulasi udara alami yang optimal. Lokasi perancangan merupakan area pendidikan yang berpusat di Kecamatan Pontianak Tenggara tepatnya di Jl. Abdurahman Saleh. Luas site secara keseluruhan adalah 9.100 m2 dengan KDB 80%, sehingga mendapatkan luas total 7280 m2. Diharapkan perancangan Pontianak Basketball Arena ini dapat menjadi salah satu kebutuhan gaya hidup sehat dan juga menjadi tempat pusat olahraga serta kebutuhan fasilitas olahraga lainnya untuk warga Kota Pontianak.

 

Kata kunci: Olahraga Basket, Natural, Tipe C


Full Text:

PDF PDF

References


Bappeda Kota Pontianak. 2013. Peraturan Daerah Kota Pontianak No. 2 Tahun 2013 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Pontianak Tahun 2013-2033. Bappeda Kota Pontianak. Pontianak

Neufert, Ernst. 2002. Data Arsitek Jilid II Edisi 33, Terjemahan Sunarto Tjahjadi. PT. Erlangga. Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jmars.v7i1.32567

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office/Publisher Address:
Department of Architecture, Faculty of Engineering, Universitas Tanjungpura Pontianak, Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Pontianak, 78124, Kalimantan Barat, Indonesia. 
Email: jmars@untan.ac.id