PERANCANGAN KLINIK BERSALIN

Herlin Purwaningtyas

Abstract


Sebagai salah satu negara yang sedang berkembang Indonesia memiliki fasilitas kesehatan yang masih kurang memadai. Meskipun upaya peningkatan terus dilakukan tetapi angka kematian masih cukup tinggi terutama kematian ibu dan anak saat proses kehamilan dan kelahiran. Dalam proses kelahiran, banyak wanita yang pikirannya diperberat oleh faktor psikologi yang mengganggu dan dapat menghambat proses persalinan serta penyembuhannya, oleh karena itu secara psikologis ibu hamil menuntut suatu kenyamanan khusus bagi suasana “rumah tinggalnya” yang sementara itu. Salah satu jenis pelayanan kesehatan tersebut adalah Klinik Bersalin. Perancangan Klinik Bersalin berlokasi di jalan Husein Hamzah, Kelurahan Sungai Jawi Dalam, Kecamatan Pontianak Barat, Kalimantan Barat. Lokasi ini dipilih karena merupakan daerah permukiman, sehingga memudahkan akses pencapaian dari rumah warga menuju ke lokasi site pada saat terjadi situasi darurat melahirkan. Metode perancangan yang digunakan meliputi: gagasan, pengumpulan data, analisis, dan tahap rancangan. Hasil perancangan Klinik Bersalin  terdiri dari satu masa bangunan berbentuk persegi panjang yang mengikuti kondisi lahan yang sempit. Perletakkan, Orientasi, Sirkulasi, dan Vegetasi dirancang berdasarkan dari hasil analisis tapak dan peraturan yang ada. Zonasi ruangan dibedakan perlantai dengan fungsi yang berbeda-beda.

 

Kata Kunci : Kesehatan, Klinik Bersalin, Kota Pontianak


Full Text:

PDF PDF

References


Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2014. Peraturan Menteri Kesehatan No. 9 Tahun 2014 tentang klinik. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jmars.v7i1.32232

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office/Publisher Address:
Department of Architecture, Faculty of Engineering, Universitas Tanjungpura Pontianak, Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Pontianak, 78124, Kalimantan Barat, Indonesia. 
Email: jmars@untan.ac.id